Senin, 01 Maret 2010

Mengabadikan Adat Budaya Simalungun di Pesta Bona Tahun Damanik Jambi

Jambi, BATAKPOS

Pesta syukuran awal tahun (Pesta Bona Tahun) Humpulan (kumpulan) Damanik, Boru Pakon Panagolan (kerabat marga Damanik) Kota Jambi sekitarnya, Minggu (28/2) mampu mengabadikan Adat Budaya Simalungun. Pemberian makanan khas adat Simalungun “Dayok Binatur” (ayam kampung jantan panggang diatur dalam piring) salah satu ciri khas Humpulan Damanik dalam melaksanakan Pesta Bona Tahun.

Pemberian Dayok Binatur kepada kerabat marga Damanik merupakan penghormatan dalam kerabat marga Damanik. Hal itu sebagai tanda kasih sayang “Holong” dalam organisasi marga, khususnya Damanik.

Ketua Humpulan Damanik Kota Jambi, Sy AJ Damanik SE MM, Minggu (28/2) kepada BATAKPOS mengatakan, ciri khas Kumpulan Marga Damanik dari marga-marga Batak lainnya adalah pemberian “Dayok Binatur” dalam kerebat Damanik.
Dayok Binatur : Penasehat Humpulan Damanik Kota Jambi saat memberikan makanan Adat Simalungun “Dayok Binatur” kepada Panitia Pesta Bona Tahun Damanik, Minggu (28/2).
. Foto-foto Asenk Lee Saragih.

“Kumpulan marga Damanik dan kerabatnya adalah kumpulan marga yang unik. Selain dalam kumpulan anggota berbeda agama, namun hidup rukun dan harmonis. Pemberian “Dayok Binatur” salah satu ciri khas Damanik dalam mengabadikan Budaya Adat Simalungun hinga ketanah perantauan,”katanya.

Pesta Bona Tahun Damanik yang diadakan di Gedung Wanita Provinsi Jambi berjalan sukses. Pesta juga dilakukan penggalangan dana untuk kas kumpulan dari lelang, kupon undian dan tortor (tarian).

Pesta juga dihibur dengan Musik “Sirait Group” dengan menampilkan Trio Raptama Jambi. Suasana pesta bersahaja serta mampu mengumpulkan dana kas kurang lebih Rp 6 juta. ruk

Tidak ada komentar: