Sabtu, 13 Maret 2010

Konsultasi Publik Penting Pada Pilkada

Jambi, BATAKPOS

Pemerintah daerah dihimbau untuk melakukan konsultasi publik jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Konsultasi publik merupakan suatu solusi dalam mencari jalan keluar terkait proses Pilkada.

Demikian dikatakan Dirjen Otoda Depdagri DR.Drs. Sondjuangon Situmorang saat acara sosialisasi Konsultasi Publik Isu Strategis Penyempurnaan Pengaturan Pemilu Kada (KPISP3K) Regional I di Jambi, Selasa (2/3).

Menurutnya, penyelenggaraan KPISP3K Regional 1 di Jambi merupakan penyelenggaraan konsultasi kali pertama kali, dengan harapan akan membuahkan hasil yang terbaik, karena dalam pelaksanaannya peserta diharapkan dapat menyampaikan segala sesuatu yang berkaiatan dengan penyelenggaraan Pemilu Kepala Daerah.

Disebutkan, dalam waktu dekat ini akan dilaksanakan 244 Pemilu Kepala Daerah di seluruh Indonesia. Konsultasi publiktersebut sebagai penyaluran informasi kekurangan-kekuranan yang dapat diperbaiki pada kesempatan kedepannya.

“KPISP3K Regional I di Jambi diikuti peserta dari seluruh Provinsi di Sumatera dan Provinsi Banten. Pelaksanaan sengaja dilaksanakan di Jambi, karena Jambi dikenal dengan daerah aman dan ramah, sehingga dapat dilaksanakan dengan baik,”kata Situmorang.

Gubernur Jambi H Zulkifli Nurdin, pada kesempatan itu mengatakan, kehidupan demokrasi di Tanah Air kita harus dikawal. “Kehidupan demokrasi di tanah Air kita saat ini yang sedang tumbuh mekar sekarang, harus kita kawal, agar terwujud demokrasi yang berjalan seiring dengan kepatuhan terhadap pranata hukum, dan nilai-nilai kearifan lokal yang telah kita miliki sejak lama,”katanya.

Menurut Zulkifli Nurdin, Konsultasi Publik Isu Strategis Penyempurnaan pengaturan Pemilukada untuk Regiunal I adalah cara, mekanisme, dan proses melibatkan masyarakat dalam pengebalian keputusan dan perumusan kebijakan baik oleh eksekutif maupun legislatif.

Kegiatan tersebut dihadiri para peserta dari seluruh Provinsi di Sumatera dan Banten dan para kepala SKPD lingkup Pemerintah Provinsi Jambi. ruk

Tidak ada komentar: