Minggu, 31 Januari 2010

Penyakit Kusta KLB di Merangin Provinsi Jambi

Jambi, Batak Pos

Penularan penyakit kusta di Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi masuk dalam kategori Kejadian Luar Biasa (KLB). Penularan penyakit ini telah mewabah ke seluruh kecamatan di Kabupaten Merangin.

Sebelumnya Dinas Kesehatan Kabupaten Merangin hanya menemukan 40 orang warga pengidap penyakit tersebut yang tersebar di Desa Lubuk Beringin, Lubuk Birah dan Desa Durian Rambun, Kecamatan Muara Siau. Namun kini sudah menyebar luas diseluruh kecamatan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Merangin, Sirojuddin Hamid, kepada wartawan di Merangin, Kamis (28/1) mengatakan, penyebaran penyakit kusta di Kabupaten Merangin telah rata di seluruh kecamatan.

“Salah satu faktor penyebaran penyakit tersebut dengan cepat ke seluruh kecamatan, dikarenakan kurangnya penyuluhan kepada masyarakat tentang penyakit kusta tersebut,”katanya.

Disebutkan, seharusnya masyarakat harus diberi penyuluhan, tapi karena anggaran di Pemerintahan Kabupaten Merangin tak ada. “Maka sangat sulit untuk melakukan penyuluhan tentang penyakit kusta tersebut,”ujar Sirojuddin.

Menurut Sirojuddin, guna mengurangi penyebaran penyakit kusta tersebut, seharusnya setiap 6 bulan sekali dilakukan survey kontak, penderitanya harus mendapatkan konseling. Namun hal itu belum bias dilakukan karena minimnya anggaran. ruk

Tidak ada komentar: