Senin, 12 Oktober 2009

Pesta Danau Toba Tak Bergeming Dikalangan Masyarakat Batak di Jambi


Jambi, Batak Pos

Pemerintah Daerah Provinsi Sumatra Utara (Sumut) menggelar agenda pariwisata bertajuk Pesta Danau Toba (PDT) 2009 di Parapat, Kabupaten Simalungun, Danau Toba, Sumatera Utara (Sumut) pada 7-11 Oktober 2009. Namun PDT di Parapat tak tertarik bagi warga masyarakat Batak di Jambi.

Padahal kegiatan Pesta Danau Toba 2009 ini diharapkan guna meningkatkan daya tarik obyek wisata Danau Toba yang menjadi ikon pariwisata Provinsi Sumut.

Namun gaung PDT 2009 di Parapat, Danau Toba tak menyentuh niat masyarakat Batak di Jambi untuk menyaksikan PDT tersebut.

“PDT Danau Toba di Parapat bukan lagi hal yang menarik wisatawan, namun hanya seremonial belaka. PDT yang dilakukan setiap tahunnya tak mampu menarik minat wisatawan ke sana. Kegiatannya hanya biasa saja,”ujar Jhon Tuah Simarmata, salah seorang warga Batak di Jambi, Rabu (7/10).

Menurutnya, Kabupaten Simalungun yang merupakan tuan rumah PDT ini, harus mengkemas kegiatan PDT ini sedemikian rupa. Sehingga mampu menarik wisatawan nusantara maupun manca negera.

“Infrasstruktur sarana dan prasarana pendukung obyek wisata di Danau Toba, khususnya di Parapat belum maksimal. Pemda setempat hanya mengandalkan keindahan alam semata, tidak didukung dengan sarana-prasarana,”katanya.

Menurut Jhon Tuah, salah satu yang harus diubah untuk menggaet wisatawan di Danau Toba, Parapat adalah, karakter masyarakat yang belum bersahabat dengan wisatawan.

“Wisatawan yang berkunjung ke sana masih tetap was-was akan kenyamanan. Di sana masih rawan pencurian serta harga kebutuhan wisatawan diatas kewajaran. Sehingga wisatawan yang berkunjung ke Parapat, Danau Toba sering jera,”katanya.

Hal senada juga dikatakan Lisbet br Sinaga, warga Jambi asal Desa Sipoldas, Kec Panei Tongah, Kabupaten Simalungun. Menurutnya, pada tahun 1980 hingga 1990an, PDT di Parapat, Danau Toba masih menjadi wisata impian.

“Sekarang PDT, Parapat kurang diminati warga. Jangankan warga Sumut, masyarakat batak di perantauan tidak lagi menunggu PDT ini sebagai agenda mudik kampung. Seharusnya PDT ini dilaksanakan bertepatan dengan libur sekolah,”katanya.

Pesta Danau Toba tahun 2008 lalu dilaksanakan 14-16 Juli dan dihadiri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. PDT Parapat, sempat vakum selama 11 tahun. ruk

Tidak ada komentar: