Jumat, 02 Oktober 2009

Kabut Asap, Sekolah Diliburkan di Jambi

Jambi, Batak Pos

Semakin tebalnya kabut asap menyelimuti Kota Jambi,berdampak buruk kepada Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) di Jambi. Hal itu mengakibatkan mulai Rabu (30/9) Pemerintah Kota Jambi mengambil kebijakan untuk meliburkan sekolah khususnya Taman Kanak-kanak (TK). Kini udara di Kota Jambi sudah tidak sehat. Namun aktivitas warga masih normal.

Kabag Humas dan Infokom Pemerintah Kota Jambi, M Subhi S Sos MM, Rabu (30/9) mengatakan, untuk sementara sekolah yang diliburkan yakni TK selama tiga hari, dari 30 September hingga 2 Oktober 2009. Keputusan meliburkan anak TK karena udara Kota Jambi tidak sehat. kandungan asap sudah mencapai 78 persen, yang berpotensi menyebabkan Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA).

Menurut Subhi, pihaknya terus berkoordinasi dengan pihak terkait atas buruknya udara di Jambi akibat kabut asap tersebut. Walikota Jambi, HR Bambang Priyanto juga menghimbau para guru, khususnya tingkat Sekolah Dasar (SD) agar tidak melakukan kegiatan di luar kelas sampai kondisi cuaca kembali normal.

Sementara itu Bandara Sultan Thaha Sayfudin Jambi, Rabu (30/9) tidak beroperasi normal. Pesawat masih ada yang tertunda jam penerbangannya karena kabut asap tebal menyelimuti Kota Jambi dan sekitarnya. Bandara Sultan Thaha Jambi sempat ditutup Selasa (29/9) mulai pukul 10.30 hingga pukul 16.30 wib.

Kepala Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Provinsi Jambi, Arpan mengatakan, Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) pada Rabu (30/9) sudah masuk kategori tidak sehat. Jika ISPU sudah lebih dari 200 PPM, BLHD Provinsi Jambi beserta pihak terkait akan melakukan tindakan, seperti pemberian masker. ruk

Tidak ada komentar: