Kamis, 08 Oktober 2009

Gubernur Serahkan Bantuan Rp1,3 Miliar untuk Korban Gempa Kerinci

Jambi, Batak Pos

Gubernur Jambi Zulkifli Nurdin menyerahkan bantuan uang tunai sebesar Rp 1, 3 Miliar untuk korban gempa berkekuatan 7,0 skala richter yang mengguncang Sungai Penuh, Kerinci, Provinsi Jambi ( 419 kilometer dari Kota Jambi), Kamis (1/10) pukul 08.52 WIB.

Bantuan tersebut guna membantu meringankan penderitaan masyarakat Kerinci dan Merangin yang tertimpa musibah gempa. Bantuan itu diserahkan langsung Zulkifli Nurdin di Gedung Nasional Kerinci dan Ruang Pola Rumah Dinas Bupati Merangin, Sabtu (3/10).

Menurut Gubernur Jambi, bantuan itu untuk korban Kerinci Rp 1 miliar dan Rp 300 juta untuk Kabupaten Merangin yang juga terimbas dari gempa Sungai Penuh. Hal itu disesuaikan dengan azas keadilan.

Disebutkan, bangunan yang rusak di Sungai Penuh, Kerinci mencapai 1276 unit dengan nilai kerugian diperkirakan mencapai Rp 94 miliar lebih. Sedangkan di Merangin ada 127 unit bangunan yang mengalami rusak berat dan ringan.

Gubernur Jambi juga menyatakan keprihatinannya yang mendalam, mendoakan semoga penderitaan ini segara berakhir, dan masyarakat yang mengalami musibah diberikan kekuatan dan ketabahan.

“Setelah melihat dari dekat beberapa bangunan yang roboh dan rusak berat, dan laporan yang diterima, ternyata bangunan-bangunan yang roboh dan mengalami kerusakan tidak memiliki konstruksi yang sebagaimana mestinya. Terbukti dari rumah-rumah tua yang dibangun dengan mengikuti ketentuan yang semestinya tidak mengalami kerusakan. Listrik juga kini masih belum pulih di Kerinci,”katanya. ruk

Tidak ada komentar: