Rabu, 30 September 2009

Membawa Hasanah Budaya Adat Simalungun ke Tanah Pilih Pesako Betuah

Jambi, Batak Pos

Melalui Pesta Olob-olob Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) 106 tahun Injil di Tanah Simalungun (2 September 1903-2 September 2009) tingkat Resort Jambi, GKPS membawa hasanah Budaya Adat Simalungun hingga ke Tanah Pilih Pesako Betuah (Kota Jambi).

Budaya Simalungun juga diangkat serta diabadikan kepada generasi muda Simalungun pada Pesta Olob-olob GKPS Resort Jambi. Hasanah Budaya Adat Simalungun yang ditampilkan yakni lomba memasak masakah khas Adat Simalungun “Dayok Binatur” (ayam panggang).

Kemudian peragaan busana Adat Simalungun dan Tarian Tot-Tor Sombah Simalungun bagi generasi muda. Ketiga kegiatan itu dilaksanakan di GKPS Jambi, Sabtu (12/9). Kegiatan ini mendapat sambutan meriah dari peserta warga GKPS Jemaat Jambi.

Praeses GKPS Distrik VI Pekanbaru, Pdt Hot Imanson Sinaga STh mengatakan, kegiatan yang diangkat GKPS Jambi merupakan langkah nyata untuk mengabadikan Budaya Adat Simalungun hingga ke tanah perantaun.

Disebutkan, GKPS merupakan lembaga keagamaan yang dapat mengabadikan Budaya Adat Simalungun hingga pada generasi muda. GKPS juga sebagai tonggak untuk tetap mengabadikan Budaya Adat Simalungun.

“Hal ini juga yang dilakukan Panitia Pesta Olob-olob GKPS Resort Jambi, dalam mensyukuri 106 tahun Injil di Tanah Simalungun. Rasa syukur itu juga diwujudnyatakan dengan berbagai kegiatan Porseni. Pesta Olob-olob GKPS bukan hanya seremonial belaka, namun lebih kepada pertebalan Iman,”katanya.

Pdt Hot Imanson Sinaga STh pada kotbah pada puncak Pesta Olob-olob GKPS Resort Jambi, Minggu (13/9) mengajak Jemaat GKPS untuk menjadikan Tuhan Allah sebagai penolong dalam hidupnya. Dirinya juga mengajak agar Jemaat tidak bosan-bosan untuk berbuat baik kepada sesama.

Pada kegiatan Pesta Olob-olob GKPS Resort Jambi, juga menampilkan artis daerah Simalungun dari P Siantar yakni Fitri Ani Sinaga dan Kyborisnya Jon Sahma D Saragih.

Suasana pesta Olob-olob tampak meriah dengan suguhan tembang-tembang Simalungun. Warga jemaat beserta undangan larut dalam kegembiraan serta tergugah untuk memberikan sumbangan.

Pesta Olob-olob GKPS Jambi ini juga dihadiri Anggota DPRD Kota Jambi, Efron Purba (PDS) dan Paul Nainggolan (P Demokrat). Keduanya juga turut memberikan sumbangsih berupa sumbangan sukarela.

Pada pesta itu terkumpul dana kurang lebih Rp 31 juta dari hasil lelang barang, lagu serta Tor-tor marga-marga dan pengurus GKPS dari tingkat Jemaat hingga Resort Jambi.

Para juri pada kegiatan Porseni Pesta Olob-olob GKPS Tingkat Resort Jambi yakni, Dayok Binatur (St R Saragih S Sos, St M Saragih SH, Sy S Purba), Busana Adat Simalungun (St M Saragih SH, Ny St JT Damanik/br Saragih, Pdt JRR Purba STh) dan Juri Tortor Sombah Simalungun (Sy S Purba, St R br Purba, Ny St JT Damanik/br Saragih). ruk

Tidak ada komentar: