Rabu, 30 September 2009

Jambi Mampu Suplai 10 Ribu Barel BBM Per Hari

Jambi, Batak Pos

Pemerintah Provinsi Jambi mampu mensuplai 10 ribu barel bahan bakar minyak (BBM) ke kilang minyak di Plaju Palembang, Sumatera Selatan. Di Jambi ada sekitar 10

Sementara itu Kepala Perwakilan BPMIGAS Sumbaksel Eko Hariadi, menyampaikan, bahwa di Jambi ada sekitar 10 Kontraktor Kontrak Kerjasama (K3S) Wilayah (K3S). Provinsi Jambi merupakan daerah yang banyak memberikan kontribusi BBM bagi kilang minyak Plaju, Palembang. Setiap hari kilang minyak Plaju setiap harinya memproduksi minyak sebanyak 80.000 barel, dan Jambi mensuplai sekitar 10.000 barel perhari.

Provinsi Jambi adalah daerah terbesar nomor dua dari Sumsel sebesar 55.000 barel sisanya dari Provinsi lainnya seperti Bengkulu, Sumsel dan Lampung, dari semua itu maka dihasilkan devisa yang juga cukup besar.

Hal tersebut dikatakan Kepala Perwakilan BPMIGAS Sumbaksel, Eko Hariadi di Jambi, Selasa (15/9). Menurutnya, keberhasilan Pertamina yang telah dicapai selama ini tidak terlepas dari dukungan dari semua pihak, baik di Provinsi maupun Kabupaten dalam Provinsi Jambi.

"Kita harapkan K3S yang ada di Jambi dapat beroperasi maksimal, dengan demikian kebutuhan migas dapat terpenuhi. Indonesia setiap harinya membutuhkan 1,5 juta barel migas, dan yang dapat dihasilkan di dalam negeri baru sekitar 960 ribu barel, sehingga setiap harinya Indonesia masih mendatangkan dari luas sekitar 500 ribu barel setiap hari,"katanya.

Disebutkan, dana yang dibutuhkan sekitar Rp 200 triliun, jika ini bisa dihasilkan di wilayah Sumbagsel, maka dana yang Rp200 triliun bisa dihemat dan dimanfaatkan untuk pembangunan inprastruktur, kesehatan dan pendidikan. ruk

Tidak ada komentar: