Jumat, 05 Juni 2009

Sekeluarga Jadi Anggota Dewan

Jambi, Batak Pos

Satu keluarga di Jambi terpilih menjadi anggota dewan di tiga tingkatan. Ayah terpilih sebagai Anggota DPR RI, Istri Anggota DPRD Provinsi Jambi dan anak Angota DPRD Kabupaten Muarojambi. Keluarga ini maju di Pimilu Legislatif April 2009 lalu lewat Partai Demokrat.

Data yang diperoleh BATAK POS di KPUD Provinsi Jambi, Rabu (3/6) menyebutkan, sekeluarga jadi anggota dewan itu yakni mantan Bupati Muarojambi, Assad Syam, istrinya Fatmawati dan anaknya Zaidan. Mereka terpilih lewat Partai Demokrat. Assyad Syam kini menjabat Ketua DPD I Partai Demokrat Provinsi Jambi.

Assad Syam juga pernah dijebloskan ke LP Jambi empat bulan tahanan dalam kasus dugaan korupsi pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) di Unit 22 Sungaibahar, Muarojambi. Kemudian kasus Kas Daerah APBD Muarojambi senilai Rp4,5 miliar. Namun Pengadilan Negeri Sengeti Muarojambi menjatuhkan vonis bebas terhadap Assad Syam. Dirinya juga mendapat vonis yang sama di kasus PLTG Muarojambi.

Sejumlah mantan pejabat di Muarojambi seperti Sekda Muarojambi, Muctar Muis yang kini menjabat Wakil Bupati Muarojambi sudah dijadikan tersangka oleh Kejati Jambi. Namun hingga kini Mucktar Muis tak pernah diperiksa dengan alasan surat ijin dari Presiden belum turun. Padahal kasus tersebut sudah hampir tiga tahun.

Sementara 14 anggota DPRD Periode 1999-2004 jadi tersangka dalam kasus ini. Termasuk Ketua DPRD Muarojambi, Nawawi kini masih mendakam di LP Jambi setelah divonis satu tahun penjara. Kini Assyan Syam menunggu putusan kasasi dari MA soal kasus yang melibatkan dirinya.

Sementara keluarga lain yang masuk jadi anggota dewan itu yakni, Ketua DPD I Partai Golkar Provinsi Jambi, Zoerman Manap dan anaknya Nuzul Prakasa. Keduanya terpilih kembali sebagai anggota dewan. Zoerman Manap kini menjabat Ketua DPRD Provinsi Jambi.Sedangkan Nuzul Prakasa anggota DPRD Kota Jambi.

Tiga kakak beradik di Jambi juga adayang terpilih sebagai anggota dewan. Ketiganya yakni Yopi Muthalip, Yeri Mutholip dan Salina Gita. Ketiganya anak dari mantan Bupati Bungo Abdul Thalib. Yopi dan Yeri terpilih sebagai anggota DPRD Provinsi Jambi lewat Partai Hanura. Sementara Salina Gita masuk ke DPR RI lewat Partai Golkar. ruk

1 komentar:

dheva mengatakan...

di banten juga tuh gan!!
malahan lebih parah lagi sanak family juga diangkut jadi anggota dewan ,,,
ibunya jadi gubernur,,
suaminya jadi anggota dewan pusat,
anaknya jadi anggota dewan propinsi, sanak family nya masuk anggota kabupaten pandeglang, serang kota, kab.serang, kab. lebak ,,,, huueeeboh lg ini mah gan?