Jumat, 12 Juni 2009

Kelompok Tani di Tanjabtim Nikmati Dana PUAP

Jambi, BATAK POS

Para petani yang tergabung pada kelompok tani di Kabupaten Tanjung Jabungb Timur (Tanjabtim) Provinsi Jambi merasa lega dan terbantu karena mereka dapat bantuan dana Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) Pengembangan Usaha Agribisnis Pedesaan (PUAP).

Pemerintah pusat mengucurkan dana PUAP di Tanjab Timur mencapai Rp 3,4 Milliar. Wakil Bupati Tanjab Timur M.Juber menyerahkan bantuan PUAP tersebut secara simbolis kepada Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) angkatan 20 di Tanjabtim tahun 2009.

Menurut M Juber, penerima BLM PUAP itu agar dimemanfaatkan untuk kepentingan peningkatan usaha pertanian. Pemkab Tanjabtim melalui petugah penyuluh pendamping akan memantau pelaksanaan pemanfaatan dana tersebut sehingga benar-benar sesuai dengan peruntukkan dan sasaran yang ingin dicapai Gapoktan.

Disebutkan, sasaran pemerintah dalam BLM ini guna pengentasan kemiskinan dan kemandirian para petani. Petani bisa menjadikan dirinya seorang petani yang berbasis bisnis. Bantuan yang diberikan harus dikelola dengan baik dan terorganisir, baik pengelolaan usaha pertaniannya maupun soal pemasaran.

Kepala Bapellu Tanjabtim, Marwan menambahkan, ada peningkatan jumlah penerima dana PUAP tahun 2009. Tahun 2008 lalu hanya 16 Gapoktan penerima, sedangkan tahun 2009 naik menjadi 18 Gapoktan. Secara keseluruhan dana yang digelontorkan pemerintah pusat untuk PUAP di Tanjabtim Rp.3,4 Milliar.

“Masing-masing Gapoktan akan mendapatkan Rp 100 Juta per Gapoktan. Untuk tahun 2008 telah disalurkan sebesar Rp 1,6 M bagi 16 Gapoktan. Sedangkan untuk 18 Gapokta penerima dana PUAP tahun ini belum disalurkan menunggu proses adminsitrasi dan pelatihan pendamping digelar. Kalau ini sudah selesai, nanti akan disalurkan langsung ke rekening Gapoktan,”katanya. ruk

1 komentar:

syahirman mengatakan...

mudahan kelompok tani kami dari desa mehanggin oku selatan juga akan mendapatkan dana hibah ini....