Rabu, 06 Mei 2009

Maskapai Garuda Indonesia Buka Rute Baru Jambi-Jakarta

Jambi, Batak Pos

Maskapai Garuda Indonesia membuka rute penerbangan jurusan Jakarta-Jambi (Pulang-Pergi). Penerbangan rute perdana itu diresmikan Gubernur Jambi H Zulkifli Nurdin di ruang VIP Room Bandara Sultan Thaha Sayfudin Jambi, Jumat (01/5). Peningkatan transportasi udara ke Jambi sepuluh tahun terakhir meningkat tajam.

Zulkifli Nurdin dalam sambutan mengatakan, pada tahun 2000 transpotasi udara Jambi - Jakarta hanya ada dua kali penerbangan setiap harinya. Kemudian tahun 2005 meningkat mencapai 12 kali setiap hari. Namun seiring dengan perkembangan ekonomi global, di tahun 2009 penerbangan dari Jambi menuju Jakarta sempat mengalami sedikit penurunan, menjadi sembilan kali setiap hari dengan tujuan Jambi – Jakarta, Jambi – Batam.

Disebutkan, sebagai pintu gerbang utama Provinsi Jambi untuk transpotasi udara, maka diharapkan kondisi bandara Sultan Thaha Jambi dari waktu kewaktu terus mengalami peningkatan. Sebagai contoh, landasan pacu pesawat saat ini panjangnya baru mencapai 2.240 meter, hal ini diupayakan untuk ditingkatkan menjadi 2.800 meter. Sehingga bisa didarati pesawat dengan ukuran lebih besar, seperti boing 737 seri 400.

"Pada awal tahun 2009 ini, dunia dikejutkan dengan terjadinya krisi financial global menimpa Negara Amirika Serikat, serta Negara barat lainnya. Namun dampaknya tidak terlalu besar mempengaruri sektor transpotasi udara maupun pertumbuhan perekonimian masyarakat Jambi. Hal ini terlihat dengan masih stabilnya pertumbuhan ekonomi Provinsi Jambi di tahun 2008 sesusai data data BPS mencapai 7,16 persen,"katanya.

Menurut Zulkifli Nurdin, dengan bertambahnya jadwal keberangkatan pesawat ke Jambi, tidak hanya berdampak positif terhadap sektor kepariwisataan, seni dan budaya, melainkan juga berdampak terhadap meningkatnya kunjungan calon investor dari dalam maupun luar negeri ke Provinsi Jambi.

Sambutan Direktur Niaga Garuda Indonesia melalui Area General Manager Indonesia Bagian Barat, M. Arif Wibowo, mengatakan, peresmian penerbangan perdana Garuda Indonesia rute Jambi-Jakarta yang dilaksanakan Jumat, 01 Mei 2009.

"Ini adalah bagian dari program peningkatan pelayanan yang dilaksanakan Garuda Indonesia, dengan kembali membuka dan melayani kembali rute–rute penerbangan yang memiliki pangsa pasar potensial. Selain itu, pembukaan kembali rute Jambi–Jakarta ini juga merupakan realisasi dari program pengembangan pelayanan penerbangan,"ujarnya.

Rute baru maskapai Garuda Indonesia seperti Jakarta - Lampung, Jakarta –Malang, Jakarta–Kendari, Jogyakarta–Singapore, Sanghai–Denpasar, Surabaya–Hongkong, Denpasar–Hongkong, dan Denpasar–Hampenan yang telah dibuka sejak awal tahun 2009.

Jambi Kaya Budaya Tradisional

Disebutkan, Jambi merupakan salah satu Provinsi di Pulau Sumatera yang masih kental dengan budaya tradisionalnya, dan banyak memiliki taman konseperpasi alam. Selain itu Jambi juga merupakan kota yang memiliki industri bertarap intenasional, oleh karena itulah maka Jambi mempunyai cukup banyak alasan untuk menjadi tujuan pendatang, baik dalam aktipitas wisata, kunjungan keluarga, bisnis maupun sosial dan budaya.

"Pertumbuhan ekonomi Provinsi Jambi tumbuh cukup signifikan. Tumbuhnya industri bertarap internasional yang ada di Jambi, turut menggerakkan roda perekonomian di Provinsi Jambi. Hal ini juga didukung meningkatnya inventasi di Provinsi Jambi,"katanya.

Disamping Pemerintah Provinsi Jambi yang memiliki konsen yang tinggi untuk mengembangkan dan mengoptimalkan potensi daerah yang dimiliki, dengan potensi yang dimiliki tersebut, Garuda Indonesia berkeinginan untuk sepenuhnya mendukung upaya-upaya Pemerintah Provinsi Jambi dan sekaligus sebagai bagian dari strategi Garuda Indinesia dalam menggarap pangsa domestic, melalui pembukaan akses traspotasi udara di kawasan itu.

Turut hadir pada peresmian perdana itu Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi H Suwarno Soerinta, bersama anggota Muspida Provinsi Jambi lainnya, Wakil Walikota Jambi, Sum Indra dan anggota Muspida Kota Jambi, serta para undangan lainnya. Peresmian penerbangan maskapai Garuda Indonesia rute Jambi–Jakarta ditandai dengan pengguntingan pita oleh Ny. Mida Firdaus (istri Sekda Provinsi Jambi). ruk

Tidak ada komentar: