Kamis, 28 Mei 2009

Lomba Perahu Tradisional Meriahkan HUT Kota Jambi Ke 63


Sarolangun Juara I

Jambi, Batak Pos

Lomba perahu tradisional meriahkan hari jadi Kota Jambi ke 63 (17 Mei 2009) di Sungai Batanghari, Jambi, Minggu (24/5) siang. Lomba perahu tersebut terdiri dari tiga group yakni type naga diikuti enam kontingen, type A 10 kontingen dan type B 10 kontingen asal Provinsi Jambi. Tampil sebagai juara I type naga yakni kontingen Sarolangun, juara II Batanghari dan Juara III kontingen Tebo.

Lomba perahu tradisional dalam rangka HUT Kota Jambi itu disaksikan puluhan ribu masyarakat Provinsi Jambi di tepi sungai Batanghari. Pelaksanaan lomba perahu tradisional tersebut menempuh jarak kurang lebih lima kilo meter arah star Kelurahan Olak Kemang, Kecamatan Danau Teluk dan finis di depan Rumah Dinas Gubernur Jambi, Desa Kasang, Kecamatan Jambi Timur, Kota Jambi.

Wakil Walikota Jambi, Sum Indra yang turut menyaksikan lomba perahu tradisional tersebut mengatakan, lomba perahu itu merupakan kegiatan rutin setiap tahunnya yang dilaksanakan Pemerintah Kota Jambi. Lomba tersebut juga diharapkan sebagai agenda wisata tahunan yang diharapkan mampu menggaet wisatawan lokal maupaun manca negara.

Sementara itu salah seorang warga Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Lamhot Saragih (30) yang ikut menyaksikan lomba tersebut kepada Batak Pos mengatakan, lomba perahu tradisional tersebut cukup menarik perhatian wisatawan lokal. Namun pelaksaan ini hanya terkesan lokal, tidak melibatkan lomba perahu tradisional secara nasional maupun internasional.

"Kalau kegiatan ini melibatkan secara nasional, mungkin promosi wisata Sungai Batanghari bisa secara luas. Melalui kegiatan lomba perahu tradisional bisa mendatangkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dalam transaksi perdagangan saat kegiatan berlangsung. Saya berharap kegiatan lomba perahu semacam ini bisa ditiru Kabupaten Simalungun khususnya di Danau Toba, Haranggaol,"katanya.

Menurut catatan Panitia, pemenang lomba Perahu Type Naga dari tahun ketahun yakni tahun 2006 Kabupaten Kerinci, 2007 Kabupaten Tebo, 2008 Kabupaten Kerinci dan 2009 ini Kabupaten Sarolangun yang merupakan pendatang baru di lomba perahu tradisional type naga ini.

Sementara hasil lomba untuk perahu type A Juara I Tim Naga Putih, II Tim FKPPI dan juara III Tim Pemuda Pancasila dan juara type B Juara I Tim Tanjung Jabung Barat, Juara II PDAM Tirta Mayang Kota Jambi dan III Tim Jambi Timur. ruk

Tidak ada komentar: