Kamis, 12 Februari 2009

Belasan Kios dan Ruko di Tanjabar Ludes Dilalap Sijago Merah

Tanjabar, Batak Pos

Belasan kios pedagang dan enam rumah took di Kualatungkal, Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabar) ludes dilalap sijago merah, Minggu (8/2) dini hari. Belasan kios dan ruko di pasar Kuatik, Jalan Kemakmuran, Kecamatan Tungkal Ilir, Kualatungkal itu rata dengan tanah. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun kerugian ditaksir ratusan juta rupiah.

Kepala Kantor Pemadam Kebakaran, Kabupaten Tanjabar, Saefuddin, SH, Senin (9/2) mengatakan, aaat armada Damkar tiba di lokasi, api sudah membesar dan sudah menjalar kebangunan lain.

“Api cepat sekali menyambar sehingga bangunan lain yang ada didekatnya pun tersambar. Hingga saat ini belum diketahui penyebab kebakaran itu. Sejumlah masyarakat mengatakan bahwa api muncul dari salah satu kios dari dua belas kios yang terbakar pada malam tersebut. Api pun menjalar kebangunan lainnya yang ada ditempat itu,”katanya..

Disebutkan, pada malam kejadian sempat terjadi ledakan dari salah satu ruko yang terbakar. Ledakan sempat terjadi malam tersebut, karena salah satu pedagang yang rukonya terbakar ada menjual elpiji tetapi dalam kebakaran tersebut tidak ada korban karena semua kios dan ruko yang terbakar tidak dihuni pemiliknya.

Dijelaskan, api berhasil di padamkan sekitar pukul 2.30 dini hari. Dalam insiden tidak ada korban jiwa. “Memang kita agak telat berada di lokasi, sekitar satu jam lebih kita bisa padamkan api di lokasi,”ujarnya.

Ditempat terpisah, Kapolres Tanjab Barat melalui Kasat Reskrim, AKP Ilyan Chandra menjelaskan tempat tersebut sudah diberi garis police line dan polisi akan segera melakukan penyelidikan untuk mengetahui penyebab kebakaran tersebut. “Sementara dipastikan penyebab kebakaran adalah konsleting atau gangguan arus pendek,”katanya.

Tim Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Polri Palembang, Senin (9/2) melakukan penyidikan terkait dengan kebakaran tersebut. Hasil penyidikan akan diberikan beberapa hari kedepan. ruk

Tidak ada komentar: