Jumat, 30 Januari 2009

Perbaikan Jalan Lingkar Selatan Kota jambi Segera Diperbaiki

Jambi, Batak Pos

Dinas Permukiman dan Prasarana Wilayah Provinsi Jambi kini memacu perbaikan jalan lingkar selatan Kota Jambi sepanjang 22 Kilo meter guna memperlancar arus angkutan barang menuju Pelabuhan Talang Duku Kabupaten Muarojambi. Kini perbaikan sudah dimulai agar transportasi angkutan barang tidak melalui dalam kota.

Kasubdin Tata Ruang dan Prasarana Wilayah Dinas Permukiman dan Prasarana Wilayah (Kimpraswil) Provinsi Jambi Ir Benhard Panjaitan kepada Batak Pos, Senin (19/1) mengatakan, pada 2009 pihaknya kembali mengajukan dana sebesar Rp 100 miliar ke pemerintah pusat untuk perbaikan jalan tersebut.

"Pemerintah pusat sudah setuju dan akan mengalokasikan dana sebesar Rp 100 miliar yang diambil dari Anggaran Biaya Tambahan (ABT). Jalan lingkar selatan Kota Jambi menjadi prioritas tahun 2009 ini,”katanya.

Disebutkan, kondisi jalan lingkar kota Jambi khusus bagi angkutan barang dari dan menuju Kota Jambi serta ke Pelabuhan Talang Duku saat ini rusak parah dan banyak lubang besar menganga di tengah jalan. Kerusakan jalan tersebut sering menyebabkan kendaraan terbalik, sehingga menimbulkan antrian panjang kendaraan angkutan barang yang hendak menuju Pelabuhan Talang Duku dan terminal truk.

Jalan lingkar itu juga menjadi jalur utama truk angkutan batu bara dan CPO menuju pelabuhan Talang Duku sebagai pelabuhan ekspor dan antar pulau bagi komoditi perkebunan dan pertambangan di Provinsi Jambi.

"Perbaikan secara bertahap yang terus dilakukan itu juga untuk mencegah kerusakan jalan di dalam Kota Jambi, karena sering dijadikan jalan alternatif bila jalan lingkar itu rusak parah dan tidak bisa dilalui karena ada kendaraan yang terguling dan menghambat jalan," kata Benhard Panjaitan.

Menurutnya, setidaknya Pemerintah Provinsi Jambi membutuhkan dana Tiga triliun Rupiah guna memuluskan jalan di seluruh Provinsi Jambi. Pihaknya juga mengharapkan bantuan dari Pemerintah Pusat guna merehabilitasi jalan provinsi dan jalan nasional yang rusak di Provinsi Jambi. ruk

Tidak ada komentar: