Rabu, 24 September 2008

Jambi Siapkan 1127 Armada Mudik Idul Fitri 1429 H

Jambi, Batak Pos

Sebanyak 52 perusahaan angkutan umum Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di Jambi menyediakan 365 armada dan bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) jumlah armada sebanyak 762 untuk mudik Idul Fitri 1429 H keberbagai jurusan dari Jambi. Dinas Perhubungan Provinsi Jambi juga menyediakan kenderaan cadangan milik KPN Universitas Jambi, KPN IAIN Jambi dan Bus Pemda Provinsi Jambi.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Perhubungan Propinsi Jambi, Wirya Murad saat mendampingi Gubernur Jambi Zulkifli Nurdin saat melakukan pencanangan Angkutan Lebaran di Terminal Alam Barajo Simpang Rimbo Kota Jambi, Rabu (24/9). Disebutkan, pencangan angkutan lebaran tersebut ditandai dengan pemasangan striker dan pelepasan Bus angkutan lebaran.

Wirya Murad mengatakan, sedangkan untuk bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) jumlah armada sebanyak 762 kendaraan dengan 11.430 tempat duduk. Seluruh armada bus dari Jambi siap memberangkatkan pemudik dari Jambi keberbagai tujuan.

Sementara itu, Kepala Bandara Sultan Thaha Jambi, Basuki Mardiyanto, mengatakan, kesiapan armada angkutan udara di Jambi ada 6 maskapai penerbangan, dimungkinkan adanya penambahan frekwensi penerbangan.

Tarif angkutan udara batas bawah sebesar Rp. 313.000,- berdasarkan KM No. 11 tahun 2006 tentang tariff Referensi untuk penumpang angkutan udara niaga berjadwal dalam negeri kelas ekonomi. Sedangkan tariff batas atas sebesar Rp. 700.000,- sesuai dengan KM no. 9 tahun 2002 tentang tariff pen umpang angkutan udara naiaga berjadwal dalam negeri kelas ekonomi.

Disebutkan, saat ini belum terjadi lonjakan penumpang, namun diperkirakan saat cuti bersama nanti akan terjadi lonjakan yang cukup signifikan, sejumlah maskapai akan menambah frekwensinya. Untuk tiket penumpang maskapai diminta untuk tidak melewati tariff batas atas.

Zulkifli Nurdin mengatakan, diharapkan angkutan lebaran Idul Fitri 1429 H tidak mengalami hambatan yang berarti meskipun ada sejumlah ruas jalan propinsi yang kondisinya tidak begitu baik, diantaranya jalan dari Merangin menuju Kerinci. Namun secara umum rata-rata jalan nasional yang ada di Propinsi Jambi baik.

Menurut Gubernur Jambi, guna mengatisipasi lonjakan penumpang, Pemprov Jambi juga telah menyiapkan armada angkutan lebih dari 10 %. Kepada penumpang diharapkan untuk menjaga kesehatan, bila di perjalanan sakit dapat memanfaatkan pos terpadu untuk beristirahat.

Pihak kepolisan diminta untuk mengawasi Sopir tidak menggunakan minuman keras atau narkoba karena bias mengancam keselamatan para penumpang. Mengenai kondisi jalan Merangin-Kerinci-Tapan menuju Sumatera Barat, tahun 2008 ini sudah dianggarkan dana sebesar Rp. 90 milyar dalam APBD Propinsi Jambi dan pada tahun 2009 juga masih akan dianggarkan dana untuk merehab jalan tersebut. ruk

Tidak ada komentar: