Sabtu, 03 Mei 2008

Pilkada Walikota Jambi4 Kandidat Walikota Jambi Bakal Rebut Simpatik 388.460 Mata Pilih

Jambi, Batak Pos
Empat pasangan kandidat Walikota/Wakil Walikota Jambi akan merebut simpatik 388.460 mata pilih pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jambi 22 Agustus 2008 mendatang. Tiga pasangan kandidat kini sudah mendeklarasikan diri untuk maju di Pilkada Kota Jambi. Namun satu pasangan kandidat masih bimbang dalam koalisi partai.

Menurut informasi yang dirangkum Batak Pos, Minggu (27/4) menyebutkan, pasangan Sutrisno (mantan Danrem 042 Garuda Putih Jambi) dengan Efendi Hatta (Ketua DPC Partai Demokrat) mendeklarasikan diri di Ratu CC Jambi, Minggu (27/4). Partai pengusung Partai Demokrat, PDK dan PKPI.

Kemudian pasangan dr Bambang Priyanto (Profesional) dengan Sum Indra (Ketua DPD PAN Kota Jambi) telah mendeklarasikan diri lebih awal yakni 10 Januari 2008 lalu. Partai pengusung PAN, PBB dan PPP.

Kandidat pasangan ketiga yang sudah mendeklarasikan diri yakni Zulkifli Somad SH (Ketua DPRD Kota Jambi) dengan Agus Suyandi Roni (Sekretaris DPD PDI-P Provinsi Jambi). Pasangan ini dideklarasikan Kamis 10 April 2008 di GOR Kotabaru jambi yang langsung dihadiri Ketua Umum DPP PDIP Megawati Sukarno Putri. Partai pengusung PDIP, PBR.

Sementara pasangan keempat yang malu-malu mendeklarasikan diri yakni Drs Asnawi AB (Sekda Kota Jambi) dengan Nuzul Prakaza (Anggota DPRD Kota Jambi-Golkar). Partai yang disebutsebut mengusung pasangan ini adalah Golkar, PKS, PDS dan delapan partai Gurem non kursi di DPRD Kota Jambi.

Keempat pasangan kandidat ini akan mencari kantong suara di lima daerah mata pilih. Daerah pemilihan (Dapil) Kota Jambi 5 meliputi Kecamatan Telanaipura dan Danauteluk (Dapil ini 9 kursi di DPRD Kota Jambi), Dapil Kota Jambi 4 Kecamatan Kotabaru (9 kursi DPRD Kota Jambi).

Kemudian Dapil Kota Jambi 3 Kecamatan Jambi Selatan (5 kursi DPRD), Dapil Kota Jambi 2 meliputi Kecamatan Jambi Timur dan Kecamatan Pelayangan ( 8 kursi di DPRD) dan Dapil Kota Jambi 1 meliputi Kecamatan Pasar Jambi dan Jelutung (5 kursi di DPRD Kota Jambi).
Ketua Komis Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Jambi, Badjuri mengatakan, jelang Pilkada Jambi periode 2008-2013, jumlah mata pilih sementara bertambah sekitar 50 ribu lebih mata pilih.

Disebutkan, berdasarkan entry data sementara tahun 2007, terjadi kenaikan mata pilih. Hasil entry data saat ini dilakukan ketua RT. Jumlah mata pilih sementara sekitar 388.460. Sedangkan pendataan tahun 2006 yang di-entry tahun 2007 diperoleh hasil sekitar 334.000 mata pilih. Terjadi kenaikan sebesar kurang lebih 10 persen. ruk

Tidak ada komentar: