Jumat, 31 Agustus 2018

Kaos Milik Atlet Jonathan Christe Pada Final Tunggal Bulutangkis Dibeli Rirut Utama SCM Sebesar Rp 400 Juta

Gitar Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri laku Rp 1 Miliar pada acara Konser Amal untuk Lombok, Nusa Tenggara Barat yang digelar oleh stasiun TV swasta pada Rabu malam, 29 Agustus 2018. ( Foto: Biro Humas Kemnaker )
Gitar Menteri Hanif Laku Rp 1 Miliar pada Konser Amal Lombok

Jakarta - Gitar Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri laku Rp 1 Miliar pada acara Konser Amal untuk Lombok, Nusa Tenggara Barat yang digelar oleh stasiun TV swasta pada Rabu malam (29/8/2018).

Salah satu bintang tamu acara tersebut adalah Elek Yo Band, grup musik yang personilnya para menteri pemerintahan Presiden Joko Widodo. Selain penampilan musik, panitia melelang gitar Menteri Hanif, serta pakaian dan raket sejumlah atlet Indonesia yang digunakan dalam meraih medali pada Asian Games 2018.

Sejumlah menteri juga melelang barang koleksinya. Menteri Retno melelang vas bunga (Rp 150 juta), Menteri Budi Karya melelang kain tenun khas NTB (Rp 150 juta) dan Menteri Puan melelang jaket Asian Games (Rp 200 juta).

Awalnya, gitar akustik itu dibuka dengan penawaran awal Rp 100 juta. Di awal lelang, Menteri Hanif berinisiatif agar seluruh personil Elek Yo Band membubuhkan tanda tangan pada gitar tersebut. “Jika ada tanda tangan seluruh personil, semoga harganya menjadi mahal,” kata Menaker Hanif setengah berseloroh.

Sejurus kemudian seluruh personil membunuhkan tandatangan. Yakni Menteri Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf dan Koordinator Staff Khusus Presiden Teten Masduki serta Menaker M. Hanif Dhakiri.

Pada penawaran awal, ada peserta lelang berani dengan penawaran Rp 100 juta, lalu ada yang berani Rp 150 juta. Menjelang lelang ditutup, tiba tiba Jonathan Tahir mengangkat tangan dan berani dengan penawaran Rp 1 miliar. Di Atas panggung, Menteri Hanif terlihat terkejut mendengar penawaran tersebut, lalu tampak girang.

Jonathan Tahir adalah Co-Chair Mayapada Foundation. “Mewakili Tahir Foundation, kami sangat peduli dengan nasib saudara saudara kita di NTB, dan membeli gitar ini Rp 1 miliar,” kata Jonathan sebelum berfoto bersama dengan seluruh personil Elek Yo Band.

“Terimakasih kepada Pak Jonathan Tahir dan Tahir Foundation yang memberi bantuan Rp 1 miliar melalui gitar saya,” ucap Menaker Hanif.

Lelang penampilan Elek Yo Band yang dihargai Rp 10 miliar. Donasi Rp 10 miliar yang didapat merupakan hasil lelang penampilan Elek Yo Band membawakan empat buah lagu. Pembelinya adalah gabungan dari perusahaan-perusahaan ternama Tanah Air. Mereka adalah Intiland, Hanson, Mayapada, Panin Bank, dan Grab.
Atlet Bulutangkis Indonesia Pada Asian Games 2018.

Berikut daftar kaos, harga lelang, dan harga beli:

1. Kaos milik atlet voli putra Muhammad Asyifa dan Ade Candra Rahmawan dibeli Rp 50 juta per kaos jadi total Rp 100 juta dibeli oleh Ari Manopo dari Bank Mandiri.

2. Kaos milik atlet voli putra Danangsyah Yudistira Pribadi dilelang seharga Rp 50 juta dibeli oleh Anton di Jakarta.

3. Kaos milik atlet voli putri Putu Dini Jasita Utami dan Dita Juliana dilelang seharga Rp 50 juta per kaos dan dibeli oleh Lita di Tangerang seharga Rp 100 juta.

4. Kaos milik atlet bulutangkis tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting dilelang seharga Rp 100 juta dan dibeli oleh Agus Karyanto dari Adhi Karya seharga Rp 150 juta.

5. Kaos milik atlet bulutangkis tunggal putra Jonathan Christe dilelang seharga Rp 150 juta dan dibeli oleh Direktur Utama SCM Sutanto Hartono seharga Rp 400 juta.

6. Kaos milik atlet bulutangkis ganda putra Fajar Alfian dan Muhammad Rian Ardianto dilelang Rp 100 juta untuk dua kaos dan dibeli oleh Suseno dari Brantas Abhipraya.

7. Kaos milik atlet bulutangkis ganda putra Marcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya Sukamuljo dilelang Rp 100 juta per kaos. kaos Kevin dibeli oleh Ajiyasa dari Wika seharga Rp 100 juta dan kaos Marcus dibeli Suroto dari Hutama Karya Rp 150 juta. Jadi totalnya Rp 250 juta.

8. Raket milik Marcus dan Kevin dilelang Rp 150 juta untuk dua raket. Tetapi, justru laku Rp 300 juta dua raket.

9. Baju pencak silat yang berjumlah 11. Penyanyi Inul Daratista membeli baju milik Sarah Tria Monita seharga Rp 100 juta. Kemudian dua baju lainnya dibeli oleh Unilever Indonesia dan Bukalapak. Lalu satu paket berisi delapan baju seharga Rp 150 juta dibeli oleh Wika Beton.

Dari Penonton Mahasiswa dan Lainnya

Tak mau kalah, mahasiswa-mahasiswa yang hadir menonton konser pun turut menyumbang. Mereka mengumpulkan uang bersama-sama.

1. Binus University menyumbang Rp 80 ribu.

2. LP3I Jakarta menyumbang Rp 720 ribu.

3. Universitas Wiraswasta Indonesia sebesar Rp 500 ribu.

4. STIMIK Global menyumbang Rp 370 ribu.

5. Wendi dari UNJ menyumbang Rp 50 ribu.

6. Relova sebesar Rp 780 ribu.

7. Mahasiswa ATVI menyumbang Rp 70 ribu.

8. Pupers Putri menyumbang Rp 200 ribu.

9. Untar menyumbang Rp 390 ribu.

10. STIP menyumbang sebesar Rp 2.732.000.

11. UIN sebesar Rp 212 ribu.

12. Matlaul Anwar menyumbang Rp 189 ribu.

13. Perusahaan Luwak White Koffie pun turut memberikan donasi sebesar Rp 100 juta. National Key Account Managaer Luwak White Koffie, Robert Ardian langsung menyerahkannya kepada Ketua Yayasan Pundi Amal dan Peduli Kasih (YPAPK) Imam Soedjarwo.

Total Donasi

Dengan begitu, total keseluruhan lelang adalah Rp 13,5 miliar. Namun, hasil donasi yang berhasil dikumpulkan dari Konser Amal Untuk NTB adalah Rp 16.575.886.004.

Rinciannya adalah:

1. Rekening BCA, BBM, Bukalapak, dan Dana sebesar Rp 1.495.047.557.

2. Lelang sebesar Rp 13.500.000.000.

3. Donasi langsung Rp 393.370.000.

4. Iklan sebesar Rp 1.184.468.487. (*)


Sumber: Berbagai Sumber/Asenk Lee Saragih

Tidak ada komentar: