Senin, 25 Desember 2017

Mensyukuri Damai Sukacita Malam Natal di Jambi


Misa Perayaan Malam Natal di Gereja Katolik Santa Theresia, Kecamatan Pasar, Kota Jambi, Minggu (24/12/2017) malam. Ribuan Jemaat hadir mengikuti Misa Malam natal di Gereja Santa Theresia Jambi berbentuk ibadah inkulturasi .

BERITAKU-Jambi-Perayaan Hari Raya Natal atau Kelahiran Tuhan Yesus Kristus di Kota Jambi benar -benar membawa damai bagi umat Kristen dan masyarakat Jambi. Kedamaian tersebut terasa dari pelaksanaan ibadah perayaan malam Natal, Minggu (24/12/2017) berlangsung aman, tertib, lancar dan penuh khidmat. Sementara Gubernur Jambi H Zumi Zola dan Kapolda Jambi Brigjen Pol Priyo Widyanto meninjau sejumlah gereja saat Ibadah malam Natal.

Gubernur Jambi H Zumi Zola disambut antusias Jemaat GKPS Jambi dan banyak jemaat mengabadikan dengan meminta Zumi Zola berswafoto bersama. 

Di tengah pengawalan ketat dari jajaran kepolisian, Umat Kristen yang memadati setiap gereja di Kota Jambi mengikuti seluruh rangkaian ibadah perayaan malam Natal dengan khusyuk. Warga jemaat berbagai gereja yang terpaksa mengikuti ibadah perayaan malam Natal di tenda akibat gereja penuh tetap antusias mengikuti ibadah perayaan malam Natal.
Gubernur Jambi H Zumi Zola disambut antusias Jemaat GKPS Jambi dan banyak jemaat mengabadikan dengan meminta Zumi Zola berswafoto bersama. 
Suasana ibadah perayaan malam Natal di gereja – gereja di Kota Jambi juga meriah berkat penampilan paduan suara dan vocal grup pada ibadah. Perayaan malam Natal di Kota Jambi yang mendapatkan pengawalan ketat dari jajaran aparat keamanan juga berlangsung aman, tertib dan lancar. Tidak ada gangguan atau insiden selama perayaan malam Natal berlangsung di berbagai gereja.

Pantauan Jambipos Online, di Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) Jambi, Gereja Methodist Indonesia (GMI) Moria Kotabaru dan Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Kotabaru, Minggu (24/12/2017), warga jemaat masing-masing gereja yang mengikuti ibadah perayaan malam Natal cukup padat.

HKBP dan GMI sendiri menambah tenda di halaman gereja untuk menampung warga jemaat yang tidak muat di dalam gereja. Warga jemaat yang dudukdi tenda tetap mengikuti ibadah malam Natal derngan khidmat. 

Sementara itu di GKPS Jambi, suasana ibadah perayaan Natal benar – benar khusyuk. PW (Penginjil Wanita) GKPS Resort Jambi Denny R Br Damanik STh pada kottbah malam natal mengatakan, kelahiran Tuhan Yesus harus senantiasa mendatangkan suka cita bagi umat Kristen. 
Rombongan Gubernur Jambi H Zumi Zola dan Kapolda Jambi saat meninjau Ibadah Malam Natal di GKPS Jambi dan HKBP Kotabaru Jambi, Minggu (24/12/2017) malam. 
Rasa suka cita tersebut harus ditumbuhkan dalam diri setiap umat Kristen, karena kelahiran Tuhan Yesus Kristus membawa berkat. Berkat tersebut di antaranya, kedamaian, kepedulian, penebusan dosa dan terutama janji keselamatan manusia dari jerat atau kuasa iblis.

“Keluarga yang mendapatkan berkat seorang anak pun senantiasa bersuka cita di tengah keluarga mereka. Tentunya umat Kristen juga bersuka cita menyambut kelahiran Sang Juru Selamat, Yesus Kristus ke dunia. Kelahiran Yesus kita sambut dengan suka cita karena Yesus membawa damai dan keselamatan bagi kita,”katanya. 

PW Denny R Br Damanik STh mengatakan, Natal memiliki makna yang sangat dalam dan mulia bagi seluruh umat manusia karena Natal membawa pesan damai. Karena itu melalui perayaan Natal, seluruh umat manusia, khususnya umat Kristen diharapkan mampu menjadi pembawa damai dalam kehidupan ini.

Selain itu, Natal juga merupakan momentum Pekabaran Injil  (PI) bagi seluruh umat Kristen. Melalui perayaan Natal, umat Kristen diharapkan menyampaikan kabar baik tentang makna kelahiran Tuhan Yesus Kristus bagi kehidupan manusia.
Misa Perayaan Malam Natal di Gereja Katolik Santa Theresia, Kecamatan Pasar, Kota Jambi, Minggu (24/12/2017) malam. Ribuan Jemaat hadir mengikuti Misa Malam natal di Gereja Santa Theresia Jambi berbentuk ibadah inkulturasi .
“Salah satu ladang Pekabaran Injil yang perlu mendapat perhatian kita saat ini, yaitu keluarga. Umat Kristen tidak perlu menyampaikan Firman Allah ke tempat yang jauh – jauh untuk Pekabaran Injil. Kabar baik tentang  keselamatan yang dibawa Yesus Kristus lebih penting terlebih dahulu kita lakukan di tengah keluarga. Damai yang dibawa Yesus Kristus hendaknya bisa kita terapkan di tengah keluarga,”katanya. 

Sekitar 300 orang warga jemaat GKPS Kotabaru Jambi mengikuti ibadah perayaan malam Natal dengan suasana tertib dan tenang. Warga jemaat tidak merasa rasa cemas mengikuti ibadah malam Natal kendati ada pengumuman dari pimpinan gereja untuk mewaspadai penyusup di tengah berlangsungnya ibadah.

“Memang tadi pimpinan gereja kita mengingatkan agar kita waspada adanya orang lain yang mengganggu  ibadah kita malam ini. Namun kita yakin bahwa semua yang hadir mengikuti ibadah perayaan malam Natal di gereja kita malam ini adalah orang-orang baik, orang – orang yang percaya kepada Yesus Kristus,” kata Lisbet Sinaga, Jemaat GKPS Jambi yang ikut ibadah malam Natal, Minggu (24/12/2017) malam.  
Gubernur Jambi H Zumi Zola dan Kapolda Jambi Brigjen Pol Priyo Widyanto meninjau sejumlah gereja saat Ibadah malam Natal. IST
Kendati berlangsung aman dan tertib, ibadah perayaan malam Natal di berbagai gereja di Kota Jambi tetap mendapat pengamanan ketat dari pihak kepolisian. Para petugas polisi tetap siaga di sekitar dan halaman gereja selama ibadah berlangsung. Sementara sebelum ibadah berlangsung, Minggu (24/12/2017) sore, Satuan Gegana Brimob Polda Jambi menyisir seluruh gereja menggunakan metal detektor. 

Umat Kristiani di Provinsi Jambi mengapresiasi dukungan masyarakat dan komitmen jajaran keamanan mengamankan perayaan malam Natal, sehingga perayaan malam Natal di Jambi berlangsung aman, tertib dan khidmat. (JP-Lee) 
Walikota Jambi H DR Syarif Fasha Tinjau Ibadah Malam Natal Di Gereja Katholik St Gregorius Agung, Kenali, Kota Jambi, Minggu (24/12/2017). IST
Gubernur Jambi H Zumi Zola dan Kapolda Jambi Brigjen Pol Priyo Widyanto meninjau sejumlah gereja saat Ibadah malam Natal, Minggu (24/12/2017). Humas











Gubernur Jambi H Zumi Zola dan Kapolda Jambi Brigjen Pol Priyo Widyanto meninjau sejumlah gereja saat Ibadah malam Natal, Minggu (24/12/2017). Humas
Sumber: Jambipos Online

Tidak ada komentar: