Kamis, 16 Juli 2015

Sidang Isbat Penentuan 1 Syawal 1436 H Berlangsung Tertutup

Sidang Isbat Penentuan 1 Syawal 1436 H Sudah Dimulai, Berlangsung Tertutup
Sidang Isbat Penentuan 1 Syawal 1436 H Berlangsung Tertutup, Kamis 16 Juli 2015.

Jakarta - Kementerian Agama Kamis sore ini menggelar sidang isbat untuk menentukan 1 Syawal 1436 Hijriyah. Sidang ini dihadiri oleh ormas-ormas Islam dan sejumlah duta besar dari negara-negara Islam.

Sidang isbat berlangsung sejak pukul 16.00 WIB tadi secara tertutup di Auditorium KH M Rasjidi Kantor Kemenag, Jl MH Thamrin no 6, Jakarta Pusat, Kamis (16/7/2014). 

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan bahwa sidang akan diawali dengan mendengarkan pemaparan langsung dari pelaku rukyat dari seluruh wilayah Indonesia dan luar negeri tentang posisi hilal. 

Sebelumnya Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan bahwa menurut perhitungan hisab posisi hilal pada Kamis sore nanti diperkirakan di atas 2 derajat. 

Namun hal ini belum bisa dijadikan rujukan untuk menentukan bahwa 1 Syawal akan jatuh pada Jumat, 17 Juli 2015 besok. Bagi ahli rukyat, kata Lukman, penentuan berakhirnya bulan Ramadan dan dimulainya 1 Syawal tidak cukup hanya mengandalkan hasil hisab saja. 

Data dan informasi hasil hisab harus diverifikasi melalui rukyat atau penglihatan secara langsung. "Nah, dari sidang Isbat nanti akan kita lihat hasilnya, apakah ada yang bisa melihat hilal pada Magrib nanti," kata Lukman saat berbincang dengan detikcom, Kamis (16/7/2015).

Saat ini Menteri Agama bersama sejumlah pimpinan ormas Islam tengah menggelar sidang Isbat. Hasil sidang akan diumumkan ke publik dari tempat konferensi pers yang telah disiapkan.(DTK)

Tidak ada komentar: