Kamis, 02 Juli 2015

HBA Minta Masyarakat Mampu Bantu Masyarakat Miskin

Gubernur Jambi Santuni Anak Yatim



Jambi, MR-Dalam Safari Ramadhan Gubernur Jambi H.Hasan Basri Agus (HBA) selalu menghimbau masyarakat berkecukupan atau mampu secara ekonomi untuk membantu masyarakat miskin disekitarnya. Saling peduli sesama tanpa memandang latar belakang status sosial, adalah wujud dari Bulan Suci Ramadhan.


Himbauan itu juga yang dikemukakan HBA dalam pemberian santunan kepada anak-anak yatim, bertempat di Kantor Lurah Sungai Putri, Kelurahan Sungai Putri, Kecamatan Telanaipura, Kota Jambi, Selasa (23/6/2015).


Bantuan berupa peralatan sekolah diberikan kepada 50 orang anak-anak yatim, tingkat pendidikan SD dan SMP, yang terdata sebagai anak-anak orang miskin, yang berdomisili di Kelurahan Sungai Putri.

Total dana bantuan senilai Rp 44 juta, bersumber dari Sisa Hasil Usaha (SHU) PNPM Mandiri Perkotaan Tahun 2014 senilai Rp4 juta, bantuan Gubernur Jambi Rp5 juta, dan selebihnya dari Lembaga Keswadayaan Masyarakat (LKM) Bunga Tanjung.


“Kita yang mampu, mari berbagi dengan masyarakat miskin. Mudah-mudahan apa yang kita lakukan bisa bermanfaat bagi mereka, meringankan kesulitan yang mereka hadapi,” kata HBA.


Kata HBA  anak-anak orang miskin juga punya hak untuk bahagia, dan itu bisa terwujud jika orang tuanya mampu, sedangkan bagi yang orangtuanya tidak mampu, harus menyesuaikan.


“Semua yang dijalani dalam kehidupan ini sudah ditentukan oleh Allah. Bersihkan hati kita, sucikan hati kita. Jangan lupa taubat," ujar HBA.


HBA mengingatkan anak-anak penerima bantuan tersebut untuk belajar semaksimal mungkin. Selain itu, gubernur mengajak para penerima bantuan untuk mendoakan orang-orang yang memprakarsai acara yang dilakukan tersebut. “Kalian doakan orang-orang yang memprakarsai acara ini, agar mereka dikuatkan dan disukseskan oleh Allah," kata HBA.


“Saya menghimbau kepada masyarakat Provinsi Jambi yang memiliki rezeki yang lebih, dalam menghadapi Hari Raya Idul Fitri dan Bulan Ramadhan, kita berlomba-lomba membantu anak-anak yatim yang ada di Provinsi Jambi. Berikanlah rezeki kita, mudah-mudahan rezeki yang kita miliki barokah di sisi Allah SWT. Anak-anak yatim juga butuh perhatian dan butuh kegembiraan dalam menghadapi Bulan Suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri ini,” ucap HBA.


Lurah Sungai Putri, Khairul Anwar, menjelaskan, total dana bantuan senilai Rp44 juta, bersumber dari SHU PNPM Mandiri Perkotaan Tahun 2014 senilai Rp4 juta, bantuan Gubernur Jambi Rp5 juta, dan selebihnya dari Lembaga LKM Bunga Tanjung.


Khairul Anwar mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh LKM Bunga Tanjung untuk membantu anak-anak yatim, dan berharap agar hal ytersebut disa dipertahankan dan ditingkatkan.


Satker PNPM Mandiri Perkotaan, Apriyatna, dalam sambutannya menyatakan, PNPM mandiri Perkotaan sudah dilaksanakan mulai tahun 2009 sampai Desember 2014, dan diteruskan dengan program pengelolaan wilayah kumuh.


Apriyatna mengungkapkan, ada SHU PNPM Mandiri Perkotaan Tahun 2014 senilai Rp4 juta, yang digunakan sebagai bantuan bagi anak-anak yatim di Sungai Putri ini.


Koordinator LKM Bunga Tanjung Amin Muhaimin, dalam sambutannya nenyatakan, bantuan ini sudah dipilah-pilah kepada yang berhak menerima, yakni bagi anak-anak dari keluarga miskin.


Ketua Panitia, Hoi, dalam laporannya menyampaikan, bantuan diberikan kepada 50 orang anak yatim, yang berasal dari keluarga miskin, yang berdomisili di Kelurahan Sungai Putri.  Turut hadir dalam acara tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, H.Rahmat Derita; Camat Sungai Putri, Novrianman; dan para undangan lainnya. (Lee)

Tidak ada komentar: