Senin, 23 Februari 2015

Komjen Buwas: Saya Jadi Sasaran Tembak

Komjen Budi Waseso
Disindir Cari-cari Kesalahan KPK


JAKARTA-Abraham Samad dan Bambang Widjojanto ditetapkan sebagai tersangka oleh Polri, menyusul penetapan tersangka terhadap Komjen Budi Gunawan oleh KPK. Bahkan sejumlah penyidik KPK pun ‘dibidik’ oleh Polri dengan tuduhan kepemilikan senjata api ilegal.

Aktivis dan pegiat anti-korupsi pun menilai ada upaya pelemahan KPK oleh institusi Polri. Polri pun dituding mencari-cari kesalahan para pimpinan KPK.

Menanggapi hal itu, Kabareskrim Polri Komjen Budi Waseso mengatakan, dirinya pun bisa jadi sasaran jika dicari-cari kesalahannya.


"Saya jadi sasaran tembak, kalau boleh ada salahnya ya dijadikan tersangka juga. Tapi saya siap, karena saya juga manusia biasa," kata Komjen Budi Waseso di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Jaksel, Minggu (22/2).

Hal itu ia ungkapkan dalam dialog bersama sejumlah alumnus yang tergabung dalam Ikatan Alumni UI (Iluni) dan alumni perguruan tinggi lainnya. “Kalau saya punya kesalahan, sekecil apa pun pasti muncul," kata Buwas.

Sebagai Polisi yang berkarir sejak tahun 1984, menurutnya dirinya pasti akan dipermasalahkan jika pernah membuat suatu kesalahan.

"Saya dibesarkan dari keluarga sangat sederhana, ayah saya seorang pejuang. Saya kalau pernah memeras atau mempermainkan perkara sebelum jadi Kabareskrim, yakinlah detik-detik ini pasti keluar," kata pria asal Pati, Jateng ini.

Adapun namanya sekarang sering muncul dan dipermasalahkan, menurutnya bukan karena kesalahan yang dilakukannya.

"Tapi yang keluar adalah pelanggaran HAM dan penyalahgunaan wewenang, tapi itu ya resikonya sebagai pejabat," tuturnya. (dtk/lee)

Tidak ada komentar: