Senin, 11 Agustus 2014

PASKIBRAKA, Pesiapan Pengibaran Bendera 17 Agustus

Latihan Paskibraka Provinsi Jambi di Lapangan Kantor Gubernur Jambi-Foto Kaharuddin Harian Jambi 
JAMBI-Dalam mempersiapkan upacara pengibaran bendera tanggal 17 Agustus mendatang. Semua personil telah dipersiapkan, dari peserta, pelatih dan lain sebagainya. Kini Pasukan Pengibar Bendera Duplikat Pusaka (Paskibraka) Provinsi Jambi sudah mengintensifkan latihan.

Mumtas Mona, selaku korlap Paskibraka Provinsi Jambi kepada Harian Jambi, Minggu (10/8) mengatakan, peserta Paskibraka yang akan bertugas dalam upacara penaikan bendera merah putih pada tanggal 17 Agustus mendatang merupakan Paskibraka terbaik dari SMK dan SMA di daerah.


“Yang kita latih di sini adalah hasil seleksi dari Paskibraka di dearah dan yang dikirim adalah Paskibraka yang terbaik dari perwakilan SMA dan SMK dari 11 kabupaten/kota, se-Provinsi Jambi,” katanya.

Ditambahkan, jumlah keseluruhan Paskibraka yang akan bertugas pada tanggal 17 Agustus mendatang berjumlah 54 orang yang telah diseleksi di sekolah SMA dan SMK se-Provinsi Jambi. “54 inilah yang terbaik pilihan dari setiap sekolah se-Provinsi Jambi,” ujarnya.
Sementara untuk pengimbaran bendera belum dipilih. Karena masih tahap penggemblengan, dan penentunya pada tanggal 15 Agustus malam paling cepat. Sudah akan ditentukan, siapa petugas pagi pengibar bendera, siapa pembawa baki, dan siapa komandan upacaranya.

“Jadi petugas pagi dan sore mereka siap tampil maksimal dan semua siap ketika diperintahkan,” ujarnya.
Latihan bersama telah diadakan dari tanggal 30 Juli yang lalu. Sementara dari angkatan bersenjata di mulai tanggal 5 Agustus yang terdiri dari 50 orang dari TNI, dan 10 dari Polisi Militer(POM).

Jadi jumlah peserta keseluruhan berjumlah 60 orang peserta. “Latihan ini merupakan gabungan dari Paskibraka, TNI dan POM,” katanya.

Sementara itu,  Bilhans Rakasiwi, selaku pelatih Paskibraka Provinsi Jambi mengatakan, dalam mempersiapkan upacara 17 Agustus mendatang, semua peserta Paskibraka diharuskan menjaga kedisiplinan dan kesehatannya.

“Peserta Paskibraka harus disiplin dari makannya, mandinya, waktu tidurnya semua telah diatur," katanya.
Ditambahkan, selain peserta Paskibraka belatih di lapangan pada siang hari dan pada malam harinya dilanjutkan dengan pemberian pembekalan kepada pesrta Paskibraka dengan berbagai materi.

Seperti materi, wawasan kebangsaan, materi pengetahuan tentang merah putih, fungsi dan manfaat PPI, materi kedisiplinan, materi anti narkoba.

Kemudian kegiatan dinamika kelompok dan materi Pramuka dari Kwartir Daerah. “Tujuan materi tersebut agar para peserta dapat menerapkan kedisplinan dan menanamkan nilai nasionalisme peseta terhadap Indonesia,” katanya.

Dilanjutkan, perserta Paskibraka tersebut diinabkan di LPMP Provinsi Jambi. Setiap pagi para peserta diantar ke Lapangan Kantor Gubernur Jambi dan akan di jemput kembali pada sore hari setelah latihan baris berbaris.


Selain Bilhans Rakasiwi, ada juga pelatih dari pihak TNI, Polri, Brimop Polisi Militer. “Selain dari pelatih Paskibraka kita juga bekerja sama dengan beberapa instansi, namun semua itu di bawah koordinator Dispora Provinsi Jambi,” ujarnya.(khr/lee)

Tidak ada komentar: