Selasa, 05 Agustus 2014

Mahasiswa Leeds University Amerika Magang di SMPN 7 Kota Jambi


MAHASISWA: Mahasiswa Leeds University Amerika  Farah dan Amikally (kanan) saat memperkenalkan diri kepada siswa di SMPN 7 Kota Jambi, Senin (4/8). Foto KAHARUDDIN/HARIAN JAMBI

JAMBI-Dua mahasiswa dari Leeds University Amerika (LUA) melakukan magang mengajar di SMPN 7 Kota Jambi. Kedua mahasiswa LUA ini merupakan angkatan ketiga. Karena sebelumnya pihak SMPN 7 Kota Jambi telah bekerjasama dengan pihak kampus LUA.

Farah  salah satu mahasiswa yang melakukan praktik mengajar di SMPN 7 Kota Jambi, Senin (4/8) mengatakan, pihaknya datang melakukan praktik mengajar di SMPN 7 Kota Jambi dalam menyelesaikan perkuliahan yaitu melakukan praktik mengajar.

“Kita ke SMPN 7 Kota Jambi sedang melakukan praktik mengajar dalam menyelesaikan program studi,” katanya.

Dia melanjutkan, praktik yang diadakan selama satu bulan bekerja sama dengan guru Bahasa Inggris yang ada di SMPN 7 Kota Jambi. Ketertarikannya dengan budaya Indonesia membuatnya memilih Indonesia yaitu Kota Jambi SMPN 7 Kota Jambi tepatnya.


“Kita tertarik dengan kebudayaan Indonseia, makanya kita tertarik untuk melakukan praktik mangajar di Indonsia yakni di SMPN 7 Kota Jambi,” katanya.

Kedua mahasiswa LUA itu mengakui belum bisa melakukan komunikasi dengan guru-guru yang ada karena kedua masiswa tersebut tidak bisa Berbahasa Indonesia dan sebaliknya guru-guru di SMPN 7 Kota Jambi tak semua bisa berbahasa Inggris.

Hal tersebutlah yang sedikit menjadi masalah dalam berkomunikasi. “Kita masih terkendala ketika kita ingin berkomunikasi kepada guru-guru karena kita tidak paham dengan Bahasa Indonesia. Sementara guru-guru semuanya belum fasih berbahasa Inggris,” katanya.

Sementara Amikally yang juga merupakan mahasiswa LUA yang barasal dari Hindustan mengatakan, SMPN 7 Kota Jambi merupakan sekolah yang basar dan menyenangkan.

Pihaknya senang bisa melakukan praktik mengajar di SMPN 7 Kota Jambi. “SMP ini besar dan bagus, saya senang bisa melakukan praktik mengajar di sini,” ujarnya.

Dia mengatakan, kampusnya hanya bekerja sama dengan SMPN 7 Kota Jambi dan di Indonesia hanya SMPN 7 Kota Jambi yang melakukan kerja sama dengan LUA. Di SMPN & Kota Jambi tersebut pihaknya akan mengajarkan tata Bahasa Inggris yang benar.

“Di Indonesia kampus kita hanya bekerja sama dengan SMPN 7 Kota Jambi. Tidak ada yang lain, dan kita merupakan praktik angkatan ketiga di sekolah ini,” ujarnya.

Dia menambahkan, selama melakukan praktik pihaknya tinggal di rumah salah satu orang tua wali murid. Dan pihaknya telah mencoba makanan tradisional Jambi dan telah berjalan-jalan ke Candi Muarojambi. “Kita makan makanan Indonesia yaitu sate ternyata sangat pedas,” ujarnya.

Sementara Kepala Sekolah SMPN 7 Kota Jambi Budianto mengatakan, dengan adanya dua mahasiswa yang melakukan praktik mengajar di sekolahnya dapat menambah motivasi belajar siswa SMPN 7 Kota Jambi.

Karena siswa dapat langsung melihat orangnya langsung berbicara. Siswa dapat melihat cara guru mengatakan huruf atau kata. “Kita merasa bangga atas kedatangan kedua mahasiswa yang melakukan praktik di sekolah kita. Karena hal itu dapat menambah motivasi siswa dalam belajar Bahasa Inggris,” ujarnya. (khr/lee)

Tidak ada komentar: