Selasa, 04 Juni 2013

Gubernur : Pemerintah akan Tingkatkan Infrastruktur Pelayanan Lansia







Jambi- Gubernur JambiDrs.H.Hasan Basri Agus, MM menyatakan bahwa pemerintah provinsi Jambi akan meningkatkan infrastruktur pelayanan publik bagi lanjut usia. Pernyataan ini disampaikannya pada peringatan Hari Lanjut Usia Nasional tingkat provinsi Jambi, Senin(3/6)bertempat di auditorium rumah dinas gubernur.Hadir pada kesempatan ini Wakil Gubernur Jambi sekaligus Ketua Komda Lansia provinsi Jambi Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum, Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, Ir. H.Syahrasaddin, Ketua TP.PKK provinsi Jambi Hj.Yusniana Hasan Basri, Ketua BKOW provinsi Jambi Hj.Rahima Fachrori,Ketua Dharma Wanita Persatuan, Hj.Dewi Syahrasaddin, Kepala SKPD lingkup provinsi Jambi.

                “Pada peringatan Hari Lansia Nasional tingkat provinsi Jambi ini, pemerintah provinsi Jambi akan meningkatkan progran yang telah ada bagi lansia, terutama perhatian pemerintah akan kita tingkatkan masalah fasilitas bagi lansia mulai dari infrastruktur umum seperti toilet, tempat rekreasi, juga kesehatan dan kegiatan pembinaan rohani seperti pengajian, peningkatan pelayanan dipanti jompo .Dan kita juga akan memperhatikan kebijakan potongan tiket 30% bagi lansia. Diharapkan  perhatian pemerintah provinsi kepada lansia akan dapat mengoptimalkan peranan lansia kita agar tetap dapat berpartisipasi dalam pembangunan” ujar Gubernur.

                Disampaikana Gubernur bahwa lanjut usia dengan kapasitasnya sebagai penduduk senior, memiliki kebijakan,kearifan serta pengetahuan berharga,yang dapat dijadikan teladan bagi generasi penerus. Oleh karenanya, pemerintah dalam membangun sistem kehidupan berbangsa dan selalu menghargai peran serta lansia. “Perhatian yang tinggi pemerintah tersebut, telah diwujudkan dengan telah dibentuknya Ketua Komisi Daerah Lansia (KOMDA Lansia) sebagai wadah dalam mengakomodir segala sesuatu yang berkaitan dengan Lansia. Dan Pemerintah berkomitmen bekerja dengan maksimal dalam upaya meningkatkan  kepedulian dan pelayanan terhadap para lanjut usia khususnya lansia terlantar” katanya.

                Pada akhir sambutannya Gubernur mengharapkan Komda Lansia dan pihak terkait dapat bekerja secara profesional dan optimal dan terus berupaya sekuat tenaga memberikan peluang kepada lansia untuk tetap sehat, sehat dengan memberikan aksesibilitasnya terhadap pelayanan publik agar lansia dapat terus berpartisipasi dalam pembangunan dan memperoleh jaminan sosial di hari tuanya. “Kita ingin lansia sejahtera di usia senjanya, sehingga usia senja tidak menghalangi para lanjut usia untuk tetap kreatif,produktif dan berprestasi”ujarnya.

                Sementara itu sebelumnya Wakil Gubernur Jambi sekaligus Ketua Komda Lansia provinsi Jambi Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum, dalam sambutannya menyampaikan bahwa saat ini penduduk lansia Indonesia saat ini diperkirakan telah mencapai 23 juta orang atau sekitar 10% dari total penduduk. Khusus untuk provinsi Jambi berdasarkan data BPS pada tahun 2012 terdapat 178.302 jiwa lansia atau 5,6% dari jumlah penduduk Jambi sebesar 3.168.816 jiwa.(Maria-Humas Prov Jambi)

Tidak ada komentar: