Sabtu, 27 April 2013

Perempuan Harus Teladani Semangat Kartini

4.Kayla  anak Sekretaris Daerah Provinsi Jambi saat baca puisi di HUT Kartini Provinsi Jambi


Ketua Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW) Provinsi Jambi, Hj. Rahima Fachrori Umar

Ketua Penasehat Badan kerjasama Organisasi Wanita Provinsi Jambi  Hj.Yusniana Hasan Basri Agus berikan sambutan

Lagu Ibu Kita kartini oleh Dharma Wanita Persatuan Provinsi Jambi dibawah binaan Ketua Dharma Wanita Persatuan Provinsi Jambi, Hj. Dewi Syahrasaddin

Para Pemenang Lomba Dalam rangka HUT KARTINI PROV JAMBI

Sekda Provinsi Jambi Syahrasaddin saat menyerahkan Piala kepada para juara

Wakil Gubernur (Wagub) Jambi, H.Fachrori Umar berikan sambutan

Wakil Gubernur Jambi Menyerahkan hadiah kepada para juara di HUT KARTINI PROV JAMBI


Jambi, Beritaku

Wakil Gubernur (Wagub) Jambi, H.Fachrori Umar menghimbau, sekaligus menekankan, kaum perempuan harus meneladani semangat Kartini. Semangat Kartini tersebut adalah semangat untuk perubahan untuk menggapai kemajuan, yang bukan hanya bermanfaaat  untuk dirinya sendiri, tetapi juga bagi keluarga, kerabat, masyarakat dan negara.

Hal itu dikemukakan H.Fachrori Umar dalam Peringatan Hari Kartini ke-134 Tahun 2013 Tingkat Provinsi Jambi, bertempat di Auditorium Ruman Dinas Gubernur Jambi, Selasa (23/4) pagi.

Tema Hari Kartini Tahun 2013 Tingkat Provinsi Jambi ini adalah “Dengan Memperingati Hari Kartini Kita Tingkatkan Kiprah Perempuan Dalam Membangun Karakter Bangsa Menuju Jambi EMAS 2015.”

Disebutkan, semangat perjuangan itulah yang menjadi gagasan yang sangat penting bagi terwujudnya emansipasi perempuan dan kesetaraan gender saat ini. Kaum perempuan harus tetap berjuang untuk kemajuan, kemajuan diri sendiri, kemajuan keluarga, kemajuan masyarakat, dan kemajuan negara.

“Bahwa perjuangan yang dihadapi kaum perempuan sekarang ini tidak lagi seperti perjuangan yang dihadapi Raden Ajeng Kartini, karena kondisinya sudah berbeda. Namun yang jelas, semangat perjuangan Kartini itu yang harus diteladani, terutama oleh kaum perempuan,”katanya.

Ketua Penasehat Badan kerjasama Organisasi Wanita Provinsi Jambi, Hj.Yusniana Hasan Basri Agus, menyebutkan, Kartini sebagai pahlawan perempuan Indonesia yang telah mempelopori dan menggugah semangat kaum perempuan Indonesia untuk beremansipasi  sesuai dengan harkat dan martabatnya.

“Sejarah telah mencatat bahwa karena perjuangan Kartini, perempuan Indonesia mulai maju dan sadar akan hak-haknya sebagai insan yang hidup merdeka dan terhormat sesuai kodratnya,”katanya.

“Melalui momen Peringatan Hari Kartini ini, saya menghimbau kaum perempuan untuk lebih meningkatkan kiprahnya dalam pembangunan. Kepada kaum laki-laki, saya menghimbau untuk tidak meninggalkan kaum perempuan dalam pembangunan,” ungkap Hj. Yusniana.
Ketua Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW) Provinsi Jambi, Hj. Rahima Fachrori Umar, dalam laporannya pada intinya menyampaikan harapan, yakni agar dengan mengingat kembali jasa-jasa Kartini, perempuan Indonesia pada umumnya dan perempuan Provinsi Jambi khususnya.

Pada kesempatan tersebut, disajikan berbagai penampilan, yaitu Lagu Ibu Kita kartini oleh Dharma Wanita Persatuan Provinsi Jambi dibawah binaan Ketua Dharma Wanita Persatuan Provinsi Jambi, Hj. Dewi Syahrasaddin

Kemudian pembacaan puisi dari Kayla, anak Sekretaris Daerah Provinsi Jambi,        pameran busana dari Kayla, Shaila, dan Naila (Shaila dan Naila adalah cucu Gubernur Jambi), lomba fashion show (pameran busana), yang dinilai oleh tiga orang juri

Selanjutnya pembacaan puisi tentang perjuangan Kartini oleh siswa (laki-laki) SMA Negeri 1 Kota Jambi, lagu kasidah dari Dharma Wanita Persatuan Kementerian Agama Provinsi Jambi dibawah binaan Hj. Nurcahaya Mahbup Daryanto, tari dari Dharma Wanita Persatuan Kota Jambi dibawah binaan Hj. RR Endah Nirwani.

Kemudian Tari Rentak Besamo oleh Dharma Wanita Persatuan Provinsi Jambi dibawah binaan Hj. Dewi Syahrasaddin. Juara Lomba Fashion Show tersebut adalah :
Juara harapan 3, dari Bhayangkari, Novi Andri, Juara harapan 2, dari Ikaboga, Rahmawati, Juara harapan 1, dari Perwita Kencana Harapan, Vien Patricia.

Juara 3, dari Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Muaro Jambi, Juara 2, dari Tim Penggerak PKK Kabupaten Muaro jambi, Juara 1, dari WTT. Turut hadir dalam acara tersebut, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda Provinsi Jambi); Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, Ir.H.Syahrasaddin, M.Si beserta istri; beberapa orang Kepala SKPD atau yang mewakili dalam lingkup Pemerintah Provinsi Jambi serta para undangan lainnya. Rosenman saragih

Tidak ada komentar: