Senin, 04 Februari 2013

Mulai Awal Februari, Sriwijaya Air Buka Rute Baru Jambi-Medan


 Jambi, Simantab

Terhitung mulai 1 Februari 2013, maskapai penerbangan Sriwijaya Air akan membuka rute penerbangan baru Jambi-Batam-Medan dan sebaliknya. Berangkat dari bandara Jambi tujuan Batam jam 10.00 WIB, kemudian lanjut ke Medan dan sekitar jam 2 (14.00 WIB, red), sudah kembali lagi ke Jambi.

Hal itu diungkapkan Kepala Bandara Sultan Thaha Jambi, Dorma Manalu, Rabu (30/1/13). Disebutkan, rute penerbangan tersebut yakni Jambi - Batam - Medan, dan kembali lagi ke Jambi. Namun Dorma mengaku kurang mengetahui teknis dari rute penerbangan baru yang dibuka oleh Sriwijaya Air tersebut. 

“Dari Jambi dulu. Kalau tidak salah berangkat jam 10.00 WIB, ke Batam, lalu ke Medan. Dan sekitar jam 2 (14.00 WIB, red), sudah kembali lagi ke Jambi. Pihak kami siap jika rute penerbangan baru dibuka. Hal itu mengingat rute tersebut sangat dibutuhkan banyak masyarakat, khususnya asal Sumatera Utara,”ujarnya.

Dorma Manalu mengatakan, pemerintah bakal membuka sedikitnya 130 rute penerbangan baru. Salah satu rute baru tersebut adalah Jambi - Medan. Rute baru ini sudah ditawarkan ke seluruh maskapai nasional. 

Disebutkan, pihaknya Angkasa Pura sudah siap melayani pembukaan rute penerbangan baru. Rute baru itu ditawarkan pemerintah melalui Kementerian Pehubungan (Kemenhub), kepada maskapai penerbangan yang ada.

Untuk Jambi sendiri, Kemenhub menawarkan rute penerbangan baru, yakni Jambi - Medan. “Kita siap jika memang ada pembukaan rute penerbangan baru. Fasilitas yang dimiliki Bandara Sultan Thaha Jambi saat ini cukup memadai jika memang ada rute penerbangan baru yang akan dibuka. Fasilitas yang ada sekarang cukup. Untuk jadwal  penerbangan, juga tidak terlalu padat,”katanya.

Menurut Dorma, jika tawaran rute penerbangan tersebut diambil oleh maskapai yang saat ini memang telah membuka rute penerbangan ke Jambi, seperi Garuda, Lion maupun maskapai lainnya, maka tidak ada fasilitas yang perlu ditambah.

Namun jika ada maskapai baru yang mengambil tawaran tersebut, Dorma mengatakan akan ada fasilitas ditambah. “Salah satunya kantor baru, jika maskapai baru yang membuka rute penerbangan tersebut,”ujarnya.

Terpisah, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jambi Ir Bernhard Panjaitan MM menambahkan, rute baru Jambi-Medan itu sungguh prospek ke depan. Jalur ekonomi Jambi-Medan kini mulai menggeliat, khususnya investasi bidang pekebunan.

  Ir Bernhard Panjaitan MM

“Kita sangat menyambut baik rute baru Sriwijaya Air Jambi-Batam-Medan dan sebaliknya. Ini terebosan baru yang sudah lama dinanti-nanti masyarakat Jambi asal Sumatera Utara yang ada di Jambi. Dengan adanya ini, jalur bisnis Jambi-Medan dan sebaliknya tambah maju,”katanya. (rosenman saragih)

2 komentar:

Unknown mengatakan...

sbtlnya kami sangat mengharapkan ada penerbangan langsung jambi-medan
yang ada skrg kan masih transit kebatam
kapan lg lah ada rute jambi-medan tanpa transit
heran saya sudah diberi rute sama menteri perhubungan tapi sampai skrg tak ada satu pun maskapai yg mau terbang tanpa transit
padang kok bisa kemedan kenapa jambi tidak bisa
padahal lebih banyak orang medan dijambi dari pada di padang
herrrrran saya....
nasib nya jambi lah itu...
mudahan kedepan nasib nya bagus

ROSENMAN MANIHURUK mengatakan...

semoga cepat terlaksana Om.Kita Doakan.