Selasa, 22 Januari 2013

Merajut “Holong” di Pesta Bona Tahun Purba Pakpak Jambi

Liturgi Refleksi tahun Baru 2013. Foto-foto Rosenman Manihuruk (Asenk Lee Saragih)


Penasehat Purba Pakpak memberikan “Panggang Dayok Binatur” kepada Pengurus Purba Pakpak Pesta Bona Tahun Humpulan (Kumpulan) Marga Purba Pakpak-Boru-Panagolan se-Kota Jambi di Gedung Balai Prajurit Korem Garuda Putih 042 Jambi, Minggu (20/1/13).  foto Simantab/rosenman saragih.

Surduk Dayok Binatur Untuk Penasehat Purba Pakpak dari Boru Purba Pakpak. Foto-foto Asenk Lee Saragih. (Rosenman Manihuruk) HP 0812 747 7587







Manortor Riap


Pdt AD Purba Pakpak STh (Methodist)

MC Sy Salmen Purba Pakpak

Trio Raptama Musik Sirait



Jambi, Simantab

Merajut “holong” (kasis) di Pesta Bona Tahun (syukuran awal tahun) yang dilakukan persatuan (kumpulan) marga-marga Batak merupakan tradisi budaya Batak dalam mempererat tali silaturahmi sesama khususnya marga. Tradisi budaya Batak ini semakin kokoh dan abadi di tanah perantauan. Pesta Bona Taon marga merupakan ajang silaturahmi kekerabatan kumpulan marga-marga dan kepedulian sesame  “Orang Batak” ditanah rantau.

Pesta Bona Tahun juga menjadi hiburan tersendiri bagi masyarakat Batak di tanah perantauan. Pesta Bona Taon ini sudah merupakan kewajiban bagi setiap perkumpulan marga-marga disetiap awal tahun. Tidak asing, kalau awal tahun sekitar bulan Januari, Februari, Maret, masyarakat Batak perantauan disibukkan dengan kegiatan pesta bona tahun.

Seperti Pesta Bona Tahun Humpulan (Kumpulan) Marga Purba Pakpak-Boru-Panagolan se-Kota Jambi di Gedung Balai Prajurit Korem Garuda Putih 042 Jambi, Minggu (20/1/13). Pesta tersebut cukup meriah dihadiri sekitar 130 KK (600 jiwa) dan bersahaja.

Pesta Bona Tahun Humpulan (Kumpulan) Marga Purba Pakpak-Boru-Panagolan se-Kota Jambi diawali ibadah singkat. Kotbah dibawakan Pdt AD Purba STh/ br Hutabarat (Methodis), Votum St Ema br Sitopu MDp, Organis Sy Friston R Sainaga SPd, Liturgis St GM Saragih, Nyanyian Sy Salmen Purba Pakpak, Solois Sy Ir VM Purba Pakpak, Doa Syafaat St Raja Kumpul (RK) Purba Pakpak.

Usai ibadah kebkatian dilanjutkan makan bersama. Tradisi Adat Budaya Simalungun tampak saat pemberian makanan khas adat Simalungun “Dayok Binatur” kepada Penasehat Purba Pakpak, Boru Purba Pakpak, Panagolan Purba Pakpak dan Pengurus Tumpuan Purba Pakpak-Boru-Panagolan se Kota Jambi sekitarnya.

Usai makan bersama dilakukan pengumpulan dana untuk kas kumpulan marga tersebut melalui “Tortor”. Perayaan Pesta Bona tahun tersebut cukup bersahaja dan menjalin kepedulian sesama. Pada kesempatan itu juga diadakan penerimaan anggota baru sekitar 6 KK, tahun 2012 lalu tambah anggota 12 KK.

Ketua Umum Punguan Marga Purba Pak-pak/Boru/Panogolan se Jambi, Ir JK Purba Pak-pak mengatakan, Pesta Bona Taon marga-marga di tanah rantau merupakan budaya Batak yang harus dilestarikan.

“Kalau di kampung halaman, pesta ini jarang ada. Ini hanya banyak di tanah perantauan. Punguan marga mampu mempersatukan orang Batak di tanah rantau dari berbagai kampung asal usul di Sumatera Utara. Kumpulan marga, adalah aset budaya Batak yang perlu diteladani,”katanya.

Menurutnya, Pesta Bona Tahun ini sebagai wujud “Holong” antar anggota kumpulan untuk saling peduli satu dengan yanglain. Kepedulian social merupakan tujuan dari kumpulan marga tersebut supaya sesama anggota terus terjalin hubungan timbale balik dalam “Holong”.

Dewan Penasehat Kumpulan Purba Pakpak Kota Jambi, St RK Purba Pakpak/Br Sitepu dalam sambutannya mengatakan, pesta bona tahun merupakan ajang silaturahmi sebagai wujud “holong” antar sesama.

Dirinya juga menekankan kepada anggota kumpulan khususnya yang muda agar berperan aktif dalam kumpulan serta dapat menyumbangkan SDM serta tenaga demi kemajuan kumpulan sebagai organisasi sosial kemasyarakatan.

“Seluruh anggota kumpulan harus memberikan perhatian terhadap anak-anak, khususnya soal pendidikan dan giji agar mereka bertumbuh sebagai generasi baru yang cerdas serta memiliki jiwa social yang kuat. Orang tua harus peduli dan mengutamakan pendidikan anak sebagai asat masa depan bangsa juga kumpulan,”katanya.

St RK Purba Pakpak beserta istri (br Sitepu) juga memberikan sumbangan kepada seratusan anak-anak kumpulan kerabat Purba Pakpak dalam akhir acara dengan “tortor” penutup.

Pesta bona tahun Purba Pakpak menampilkan Sirait Musik yang tampil memukau dengan tembang-tembang Simalungun dan Toba. Sumbangan lagu juga dari Trio (Kriston saragih-Asenklee  Saragih-Salmen Purba) dengan lagu “Sandiwara” Cipt Lamser Girsang dan “Elvi”.

Menurut Bendahara Purba Pakpak, Sy AJ Damanik, dana yang terkumpul dari tortor, kupon undian sebesar Rp 16 Juta. Saat acara itu juga diberikan hadiah Dorprize kepada empat anggota Kumpulan Marga Purba Pakpak yang beruntung saat itu.

Musik Batak

Disaat maraknya Pesta Bona Taon di Kota Jambi awal tahun ini. Group musisi batak dan tempat gedung pertemuan juga menampik rezeki yang lumayan. Order group musik Batak dan gedung pertemuan juga sangat padat dan nyaris habis.

Salah seorang anggota Musik Raptama Musik, Sirait kepada Simantab mengatakan, Pesta Bona Taon marga-marga, merupakan rezeki musiman di awal tahun. Bahkan Pesta Bona Taon juga menjadi ajang unjuk kemampuan olah vokal dan musik bagi Musisi Batak yang ada di Jambi. (rosenman saragih)
 
Penasehat kumpulan Marga Purba Pakpak St RK Purba Pakpak (74 tahun) paling tengah saat menerima “Panggang Dayok Binatur” pada Pesta Bona Tahun Humpulan (Kumpulan) Marga Purba Pakpak-Boru-Panagolan se-Kota Jambi di Gedung Balai Prajurit Korem Garuda Putih 042 Jambi, Minggu (20/1/13).  foto Simantab/rosenman saragih.
 

Tidak ada komentar: