Senin, 07 Mei 2012

Warga Sekitar Gunung Kerinci Diminta Waspada

Gunung Kerinci

Jambi, BATAKPOS

Warga disekitar Gunung Kerinci diminta wasapada menyusul gunung tertinggi di Pulau Sumatera kini menyemburkan asap putih hingga setinggi 400 meter. Aktifitas gunung tersebut sudah memasuki pecan kedua sehingga warga di sekitar gunung diminta waspada.

Kepala Pos Pemantau Gunung Kerinci, Endra, kepada wartawan di Kerinci, Minggu (6/5) mengatakan hampir setiap hari Gunung Kerinci menyemburkan asap putih, khususnya dalam pecan terakhir.

“Ya, aktifitas Gunung Kerinci dalam minggu terakhir ini, memang sering mengeluarkan asap tebal, dengan ketinggian 400 meter, asap yang dikeluarkan Gunung Kerinci pengaruh dari air hujan,”katanya.

Disebutkan, sejak beberapa hari terakhir tidak terlihat adanya aktivitas menonjol di Gunung Kerinci. Hanya ada beberapa gempa vulkanik dan gempa hembusan yang terjadi. “Saat ini ada sembilan kali gempa vulkanik dalam sebulan dan 3.994 gempa hembusan dalam sebulan,”ujarnya.

Menurut Endra, untuk aktifitas Gunung Kerinci, kini belum ada peningkatan status.  “Aktivitas Gunung Kerinci masih status waspada. Selain itu, aktifitas Gunung Kerinci tidak ada berpengaruh terhadap aktivitas gunung lain atau ada gempa yang terjadi pada Sumbar sebelum ini,”katanya. RUK

Tidak ada komentar: