Selasa, 01 Mei 2012

Raih Penghargaan K3 Tingkat Nasional, Gubernur Jambi Komitmen Tingkatkan K3

Jambi, BATAKPOS

Gubernur Jambi Drs. H. Hasan Basri Agus (HBA) mendapatkan penghargaan di tingkat nasional berupa penghargaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dari Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Republik Indonesia, Muhaimin Iskandar, sebagai Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K-3) Tingkat Nasional 2012, Rabu (25/4) malam bertempat Smesco Convention Center Jalan Gatot Subroto Kav 94 Jakarta.

“Jambi salah satu provinsi yang mendapat anugerah K3, merupakan suatu penghargaan dan motivasi dan berkomitmen bagi Provinsi Jambi untuk terus menerapkan dan meningkatkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja didaerah kita terutama ini yang ada hubungan dengan perusahaan yang ada di Provinsi Jambi,” ujar HBA.

Sementara pihak perusahaan yang mendapatkan penghargaan yang ada di Provinsi Jambi menurut HBA, terdapat lima belas perusahaan dari sekian banyak perusahaan yang mendapat anugerah dan itu sudah cukup lumayan.

Selanjutnya Gubernur Jambi menegaskan sasaran utamanya sebagai Pembina K3 kedepan seluruh perusahaan meningkatkan K3 sesuai dengan indikator dari pusat demi tercapainya K3 sesuai dengan kriteria dari Pusat melalui Kemenakertrans.

Kriteria yang ditetapkan bagi Pembina dan perusahaan sebagai peraih penghargaan Kemenakertrans terlebih dahulu melakukan penilaian terhadap  perusahaan-perusahaan yang ada di Provinsi Jambi.

Disebitkan, dari penilaian tersebut, ada 15 perusahaan terpilih masuk nominasi karena dinilai telah memenuhi kriteria seperti telah menerapkan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) adanya Lembaga Panitia Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (LP2K3).

Dua perusahaan mendapatkan kategori emas dan dapat sertifikat SMK3, sedangkan 13 perusahaan lainnya masuk kategori penerima penghargaan kecelakaan nihil tahun 2012.

Perusahaan yang masuk nominasi itu juga telah melakukan Pemeriksaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja diawal, berkala dan khusus. Kemudian, memiliki ahli keselamatan dan Kesehatan Kerja.

Serta telah menerapkan norma-norma keselamatan dan kesehatan kerja secara umum di perusahaan dan memiliki zero accident  nihil.

Penganugrahan Penghargaan K3 ini merupakan program rutin yang digelar Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia, penghargaan  ini merupakan bentuk apresiasi pemerintah dalam mendukung upaya sosialisasi K3 tingkat nasional.

Dengan diberikannya penghargaan ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi bagi pemerintah daerah, perusahaan dan masyarakat agar meningkatkan pembinaan dan pelaksanaan K3 demi terwujudnya tekad Indonesia Berbudaya K3 pada 2015.

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi menyampaikan, sebagai penerima mandat dibidang ketenagakerjaan RI, penghargaan tersebut dalam rangka memotivasi dan memberikan dorongan kepada semua para pengusaha tenaga kerja dan masyarakat pada umumnya untuk meningkatkan kesadaran dalam pelaksanaan Keselamatan Kesehatan Kerja disetiap kegiatan usahanya.

Daftar perusahaan di Provinsi Jambi penerima sertifikat SMK3 tahun 2012 yakni, PT Kresna Duta Agrindo PKS Jelatang, Merangin     Emas, PT Satya Wisma Usaha, PKS Sungai Bengkal, Tebo    Emas.

Sementara daftar perusahaan penerima penghargaan kecelakaan nihil 2012 yakni PT Indofood CBP Sukses Makmur TBk, PT Kuansing Inti Makmur, PT Sari Aditya Loka, Hotel Abadi Suite, PD Lingga Harapan, PT Golden First Atlanta, PT Bahari Gembira Ria, PT Era Mitra,  PT TAC Pertamina EP BWP Meruap,  PTPN VI, PT Regunas Agri Utama PMKS, PT Kresna Duta Agroindo dan TAC Pertamina EP. RUK

Tidak ada komentar: