Senin, 02 April 2012

HIPMI di Jambi Diminta Ciptakan Lapangan Kerja


Jambi, BATAKPOS


Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) di Jambi diminta untuk dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru guna mengurangi jumlah pengangguran di Provinsi Jambi. Kini jumlah pengangguran di Provinsi Jambi mencapai 58,8 ribu orang.

Badan Pengurus Daerah (BPD-HIPMI di Jambi ditantang untuk mengadakan pelatihan-pelatihan perguruan tinggi untuk menciptakan lapangan kerja baru. Saya sangat mengharapkan tumbuh kembangnya usaha-usaha baru yang akan menciptakan lapangan kerja baru, mengurangi jumlah pengangguran, dan menambah pendapatan masyarakat.

Demikian dikatakan Gubernur Jambi, H.Hasan Basri Agus (HBA) dalam Jambi Enterpreneurship Forum (JEF) BPD-HIPMI, Pelantikan Bakorda HIPMI Perguruan Tinggi Jambi dan Pelantikan DPC HIPMI Tanjung Jabung Barat Periode 2012-2015, bertempat di Ratu Convention Center (RCC), Sabtu (31/3).

Disebutkan, guna mengurangi jumlah pengangguran dan dalam upaya menciptakan lapangan kerja baru, Pemerintah Provinsi Jambi melakukan revitalisasi Balai Latihan Kerja (BLK) dan pelatihan tenaga kerja Provinsi Jambi sebagai bagian dari program Satu Miliar Satu Kecamatan (Samisake).

“Pelatihan tenaga kerja tersebut akan diberikan sebanyak dua angkatan untuk satu kecamatan, yang mana satu angkatan terdiri dari 16 orang. Jadi, dengan 81 kecamatan yang mendapatkan program Samisake pada tahun 2012 ini, maka akan diberikan pelatihan kerja kepada 2.592 orang,”katanya.

Disebutkan, selama tujuh tahun terakhir, pertumbuhan ekonomi Provinsi Jambi terus mengalami peningkatan, kecuali pada tahun 2009 tejadi penurunan yang disebabkan dampak krisis global.
Tahun 2011, pertumbuhan ekonomi Provinsi Jambi menunjukkan peningkatan yang signifikan, yaitu memcapai 8,5% dan pertumbuhan tesebut lebih tinggi dari tahun 2010 yakni 7,3%. Disamping itu, laju inflasi di Provinsi Jambi mampu dikendalikan hingga mencapai angka 2,76% pada tahun 2011, yang mana pada tahun 2010 sempat menembus angka 10,52%.

Ketua HIPMI Provinsi Jambi, Jefri Amas Hutagalung, mengatakan, tujuan diselenggarakannya Jambi Enterpreneurship Forum ini adalah untuk memberikan bimbingan bagi mahasiswa dalam bidang kewirausahaan.

Selain pelantikan Bakorda HIPMI Perguruan Tinggi Jambi dan pelantikan DPC HIPMI Tanjung Jabung Barat Periode 2012-2015, pada kesempatan tersebut juga diadakan penandatanganan MoU tentang pemberian pelayanan perbankan dalam sektor UMKM HIPMI Jambi dari BRI dan Bank Artha Prima Cabang Jambi.

Turut hadir dalam acara yang bertajuk Dari Dunia Akademis Menuju Dunia Bisnis tersebut, Ketua Umum BPP HIPMI, Raja Sapta Oktohari, para pengurus HIPMI Provinsi Jambi, pimpinan BRI dan Bank Artha Prima Cabang Jambi, para peserta yang sebagian besar terdiri dari mahasiswa dan mahasiswi, serta para undangan lainnya. RUK

Tidak ada komentar: