Jumat, 02 Maret 2012

Masyarakat Kerinci Berikan Gelar Adat Kepada Gubernur Jambi

Jambi, Batakpos
HBA

Masyarakat Desa Semurup, Kecamatan Air Hangat, Kabupaten Kerinci yang terdiri dari tiga kelurahan dan 25 desa, dengan jumlah penduduk 22.000 jiwa akan memberikan gelar adat kepada Gubernur Jambi Hasan Basri Agus. Masyarakat setempat memegang teguh adat yang telah berlaku sejak turun temurun, dan untuk tahun ini akan dilaksanakan pada bulan Mei 2012.

Ketua Panitia Kenduri Seko, Desa Semurup, H.M. Matjenalis beserta rombongan juga menyampaikan selemak semanis, yang dibawa oleh tokoh adat kepada Gubernur Jambi, Kamis (1/3) bertempat di Rumah Dinas Gubernur Jambi. Selemak semanis yang diserahkan tokoh adat Desa Semurup, langsung diterima Gubernur Jambi selaku Ketua Dewan Pembina Lembaga Adat Melayu Jambi, gelar Datuk Temenggung Putro Jayo Diningrat, dan Gubernur berjanji akan datang pada acara tersebut.

"Sebagaimana yang berlaku di adat Melayu Jambi, bila kita dijemput dengan sekapur sirih oleh tokoh adat, yang berarti mengundang dalam suatu acara, dan sirihnya telah kita makan, maka bila tidak ada aral melintang yang benar-benar menghalangi, maka kita akan datang,”kata Gubernur Jambi.

Rencana pemberian gelar adat oleh tokoh adat Desa Semurup, kata Gubernur Jambi, pemberian gelar merupakan penghargaan dari tokoh adat dan masyarakat, jadi bagaimana masyarakat dan tokoh adat Desa Semurup yang akan memberikan, jika diberikan saya tentunya siap menerimanya penghargaan tersebut. Pada kesempatan, Gubernur Jambi juga menyampaikan, sebagai Gubernur akan terus berupaya melestarikan adat istiadat yang ada di Kabupaten/Kota dalam Provinsi Jambi.

Bupati Kerinci, Murasman yang memimpin rombongan, dalam kata pengantarnya menyampaikan, bahwa masyarakat Kabupaten Kerinci sangat mengharapkan kedatangan Gubernur Jambi bersama Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jambi pada acara Bulan Bakhti Gotong Royong Masyarakat (BBRGM) tingkat Provinsi Jambi yang akan dilaksanakan pada bulan Mei 2012 mendatang di Kabupaten Kerinci. Sehubungan dengan itu tokoh adat Desa Semurup Kecamatan Air Hangat langsung mengharapkan kedatangan Gubernur pada acara Kenduri Seko tersebut.

Matjenalis menyampaikan, bahwa kenduri Seko ini telah dilaksanakan sejak turun temurun, yang dilaksanakan lima tahun sekali, pada tahun ini diharapkan Gubernur dapat hadir. "Kami masyarakat adat Desa Semurup telah sepakat dalam musyawarah mengharapkan kehadiran Gubernur, sekaligus dapat menerima gelar adat Desa Semurup dimaksud,” ujarnya.

Hadir pada kesempatan ini, Asisten I Setda Provinsi Jambi, Kailani, SH, M. Hum, tokoh Adat Desa Semurup yang terdiri dari Depati yang tigo, Pemangku yang beduo, para Depati, Mentri Ninik Mamak yang delapan, dilengkapi dengan anak betino dalam, datang bersama Bupati Kerinci dan Ny. Murasman, Anggota DPRD Provinsi Jambi, Nurkamal dan Camat Air Hangat, tokoh agama, dan tokoh pemuda Desa Semurup. RUK

Tidak ada komentar: