Senin, 26 Maret 2012

Gubernur Resmikan Rumah Sakit Umum di Sentra Perkebunan

Jambi, BATAKPOS

Gubernur Jambi Hasan Basri Agus (HBA) meresmikan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sungai Gelam, Muarojambi, Sabtu (24/3). Daerah itu merupakan sentra perkebunan kelapa sawit dan karet rakyat. Gubernur berharap, dengan diresmikannya RSUD ini akan memotivasi masyarakat untuk meningkatkan kesadaran hidup sehat bagi setiap orang, khususnya petani.

Menurut HBA, sebagai kebutuhan mendasar, keberadaan rumah sakit sangat dibutuhkan masyarakat. Hal ini sebagai wujud derajat kesehatan masyarakat yang optimal, ditandai dengan penduduknya yang hidup dalam lingkungan dan prilaku hidup sehat.

“Sebagai salah satu pilar utama dalam menciptakan SDM berkualitas dan berdaya saing, maka pembangunan dibidang kesehatan haruslah mampu mewujudkan beberapa aspek. Diantaranya, menggerakkan pembangunan yang berwawasan kesehatan. Mendorong kemandirian masyarakat untuk hidup sehat, meningkatakan pelayanan kesehatan yang bermutu, merata dan terjangkau,”katanya.

HBA meminta kepada pengelola RSUD Sungai Gelam, diharapkan selalu menjaga dan memelihara sarana dan prasarana rumah sakit, terutama menyangkut kebersihannya.

RSUD Sungai Gelam ditunjang 102 tenaga kesehatan, dengan rincian, dua dokter sepesialis yaitu kebidanan dan bedah, enam dokter umum. Lalu, dua dokter gigi, satu apoteker, sarjana kesehatan masyarakat dua orang, sarjana gizi satu orang, bidan 20 orang, perawat 36 orang dan tenaga kesehatan lainnya 32 orang.


Sejak beroperasi 20 April 2011, RSUD ini telah memberikan pelayanan, teridiri dari instalasi gawat darurat, instalasi rawat jalan dengan didukung poli anak, poli gigi, poli umum, dan poli kebidanan.

Sedangkan instalasi rawat inap didukung dengan ruang rawat umum dan ruang kelas I. Kemudian pelayanan penunjang terdiri dari, instalasi laboratorium, farmasi dan apotik 224 jam, dan instalasi gizi. Sementara pelayanan pasien teridiri dari, umum, askes dan askeskin.

Permukiman Terpadu Mandiri


Pengembangan Kecamatan Sungai Gelam menjadi Kota Terpadu Mandiri mendapat dukungan dari Gubernur Jambi Hasan Basri. “Saya sangat setuju dengan rencana pengembangan Kecamatan Sungai Gelam ini, karena sangat sejalan dengan rencana pembangunan Pelabuhan Ujung Jabung,”katanya.

Disebutkan, selama ini yang menjadi masalah adalah infrastruktur jalan. Tahun 2013, pembangunan jalan dimulai pembangunan menuju Ujung Jabung, lahannya sudah disiapkan oleh Bupati Tanjabtimur seluas 4.000 Ha.

Kawasan Kota Terpadu Mandiri ini, akan didukung pemerintah pusat. Pendanaannya bekerjasama antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi Jambi dan Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi. Ke depan Kecamatan Sungai Gelam ini akan berkembang dengan baik. Bupati akan membangun Sport Center di daerah ini. RUK

Tidak ada komentar: