Rabu, 29 Februari 2012

Provinsi Jambi Dipacu Hasilkan 728.000 Ton Produksi Beras 2012

Jambi, Batakpos

Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan (Dispertan) Provinsi Jambi dipacu untuk memproduksi beras pada tahun 2012 mencapai 728.00 ton. Target tersebut berdasarkan hasil kesepakatan pemerintah kabupaten/kota. Dari hasil produksi saat ini ditargetkan penambahan sebanyak 40.000 ton. Dana dari APBN sudah dikucurkan guna penambahan petak sawah.


Kepala Disepertan Provinsi Jambi, Amrin Aziz, Selasa (28/2) mengatakan, target tersebut ditetapkan berdasarkan Peningkatan Produksi Beras Nasional (P2BN) di Riau beberapa hari lalu. Dispertan akan menjabarkan dimana lokasi dan sentralnya, kesiapan sarana dan prasarana, pupuk, tata air, dan pasca panen.

"Itulah yang kita sepakati pada hari ini, ingin mengtahui apa permasalahan di lapangan. Saat ini, petani masih terkendala masalah irigasi, sehingga menyulitkan pasca panen. Tetapi banyak usaha-usaha yang kita lakukan. Selain masalah air, kita juga sudah menyediakan pompa-pompa, dan alat untuk menyiram,” katanya.

Disebutkan, target 728.000 ton beras akan tercapai apabila kondisi yang aman dan iklim cocok. Kucuran dana dari APBN untuk percetakan sawah baru mencapai Rp 54 miliar dengan lokasinya di seluruh kabupaten/kota.

"Tapi yang sudah siap ada empat kabupaten/kota, yakni Tanjungjabung Timur, Tanjungjabung Barat, Kabupaten Kerinci dan Sungaipenuh. Pihak kita segera membuat kontrak kerjasama dan komitmen untuk pencetakan sawah baru itu, berikut persoalan adiministrasi yang sesuai dengan petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis yang ada. Saat ini produksi kita hanya 4,3 dan apabila kita naikan menjadi 4,5, itu sudah tercapai. Kalau semuanya berhasil, maka target pada tahun 2012 ini meningkat dibandingkan pada tahun 2011 lalu,"katanya. RUK

Tidak ada komentar: