Jumat, 10 Februari 2012

Dewan Pers Tandatangani MoU Dengan Kapolri

Puncak HPN Ke-27 di Jambi
Kebesan Pers : Penandatanganan MoU dilakukan oleh Ketua Dewan Pers Prof Bagir Manan dengan Kapolri Jenderal Timor Pradopo disaksikan Ketua PWI Pusat Margiono pada Puncak HPN Ke-27 di Gedung DPRD Provinsi Jambi, Kamis (9/2). Penandatanganan itu sebagai symbol kebebasan pers dalam menjalankan tugas jurnalistik. Puncak HPN dihadiri Presiden SBY beserta Ibu Negara dan para menteri, duta besar. Foto batakpos/rosenman manihuruk
Jambi, BATAKPOS

Dewan Pers melakukan penandatanganan memorandum of understandig (Mou) dengan Kepolisian Negara Indonesia (Polri) tentang kasus kriminalisasi terhadap wartawan yang melakukan jurnalistik sesuai dengan Kode Etik Jurnalistik (KEJ) seperti ketika ada kasus yang menyangkut pemberitaan media yang dilaporkan oleh publik, maka sepatutunya diselesaikan dulu melalui mediasi dengan Dewan Pers.

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Ketua Dewan Pers Prof Bagir Manan dengan Kapolri Jenderal Timor Pradopo pada Puncak HPN Ke-27 di Gedung DPRD Provinsi Jambi, Kamis (9/2). Penandatanganan itu disaksikan Ketua PWI Pusat Margiono dan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono.

Menurut Bagir Manan, kerjasama ini sudah dirintis sejak tahun 2004 lalu dan telah disepakati dan MoU tersebut. Jika Polisi di seluruh Indonesia diharapkan berkordinasi dengan Dewan Pers sebelum memproses pengaduan itu jadi kasus hukum.

“Namun kasus yang menyangkut wartawan dalam tugas jurnalistik, harus sesuai dengan KEJ. Namun jika kasus wartawan diluar dari pekerjaan jurnalistik, atau criminal lainnya, si wartawan akan diproses sesuai dengan hukum tanpa bantaun Dewan Pers,”katanya.

Puncak hari pers tersebut dihadiri 17 Menteri Kabinet Jilid Kedua diantaranya Menkoperekonomian Hatta Rajasa, Mendagri Gamawan Fauzi, Menteri PU Joko Kirmanto, Menteri Pendidikan Muhammad Nuh, Menpora Andi Mallaranggeng, Menteri BUMN Dahlan Iskan, Menkopolhutkam, 7 duta besar Negara sahabat serta pejabat Negara lainnya. RUK

Presiden SBY, Ibu Negara, Para Menteri, Pejabat Negara, Pejabat Lainnya se Provinsi Jambi dan Tokoh serta Insan Pers pada Puncak HPN Ke-27 di Gedung DPRD Provinsi Jambi, Kamis 9 Februari 2012 Siang. Foto Batakpos/rosenman manihuruk.

Tidak ada komentar: