Rabu, 01 Februari 2012

600 Ribu Ekor Ikan Hias Asal Jambi Diekspor ke Singapura

Ikan Hias Bajubang atau Botia, ikan hias langka ini bisa ditemukan di Sungai Batanghari, Jambi. Foto Google.Com


Jambi, BATAKPOS

Kepala Dinas Pertanian, Peternakan, Perikanan dan Kehutanan Kota Jambi, Harlik mengatakan, pada tahun 2012 ini, pemerintah kota menargetkan akan mengekspor ikan hias dari Jambi ke Singapura sebanyak 600 ribu ekor untuk kelas aneka macam ikan.

Ikan hias menjadi nomor satu dari ikan lain untuk diekspor. Salah satu faktornya yakni harga yang sangat jauh mahal. Seperti perbandingan antara ikan hias dengan ikan patin.

“Dari 100 ekor ikan hias sama dengan 10 kontainer ikan patin harganya. Jika merujuk data dari Badan Pusat Statistik (BPS), ikan hias sangat berpotensi untuk dikembangkan. Ke depan, diharapkan ada peningkatan bagi masyarakat dalam mendapatkan untung yang banyak, bukan
hanya para eksportir yang meraup untung besar,”kata Harlik kepada wartawan, Selasa (31/1).

Menurut dia, ke depan, Pemerintah Kota Jambi akan berupaya untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat soal ikan hias itu. Apalagi, pemerintah selama ini sudah memberikan fasilitas dan aquarium secara gratis kepada masyarakat Kota Jambi.

“Diharapkan kepada asosiasi masyarakat perikanan untuk bisa memanfaatkan fasilitas yang sudah diberikan agar lebih bisa membudidayakan ikan hias sebagai bahan ekspor ke Singapura,”katanya. RUK

Tidak ada komentar: