Jumat, 28 Oktober 2011

Komisi III DPRD Provinsi Jambi Sidak Jalan Jangkat

Jalan sentra pertanian di Jangkat hancur lebur.

Jambi, Batak Pos

Komisi III DPRD Provinsi Jambi dalam waktu dekat akan melakukan inpeksi mendadak (Sidak) proyek pengerjaan jalan Jangkat, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi. Rendahnya realisasi anggraan dalam proyek multiyears jalan Jangkat itu menimbulkan kecurigaan bagi DPRD Provinsi Jambi.

Sekretaris Komisi III DPRD Provinsi Jambi, Madian Saswadi, Selasa (25/10) mengatakan, pihaknya akan melihat apakah alasan yang disampaikan pihak rekanan melalui Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Jambi benar menjadi kendala terhambatnya realisasi anggaran perbaikan jalan itu.

“Kita akan turun ke lapangan untuk mengecek kendala perbaikan jalan itu. Memang Dinas PU Provinsi Jambi sudah menyampaikan alasan terhambatnya realisasi anggaran proyek tersebut. Menurut PU, alasan keterlambatan itu dikarenakan medan atau kondisi jalan yang sulit menyebabkan distribusi bahan dan alat berat terkendala. Tapi kita belum bisa langsung menerima alasan itu, karena itu kita akan melihat kondisi secara langsung,”katanya.

Disebutkan, proyek Jalan Jangkat tersebut sudah diplot dalam tiga tahun anggaran atau secara multiyears. Namun, di tahun 2011 ini pengerjaan hanya terserap Rp 15 miliyar.

“Jika memang terbukti keterlambatan pengerjaan jalan disebabkan oleh kontraktor, kita akan memberikan peringatan. Berarti memang ada kesalahan,”katanya.

Kepala Dinas PU Provinsi Jambi, Ivan Wirata mengatakan, keterlambatan pengerjaan Jalan Jangkat disebabkan oleh kondisi medan jalan yang berat di lapangan. Sehingga alat berat menjadi sulit masuk. Namun pihak PU akan mengejar keterlambatan perbaikan jalan itu tahun 2012. RUK

Tidak ada komentar: