Sabtu, 17 September 2011

Menhut Setujui Hujan Buatan di Jambi

Gubernur Jambi Drs. H. Hasan Basri Agus, MM (HBA

Jambi, BATAKPOS

Menteri Kehutanan (Menhut) RI, Zulkifli Hasan menyetujui bantuan hujan buatan untuk Jambi menyusul masih adanya kabut asap akibat kebakaran lahan dan hutan. Hujan buatan tersebut akan merata di daerah yang rawan kebakaran lahan dan hutan.

Gubernur Jambi Drs. H. Hasan Basri Agus, MM (HBA), Jumat (16/9) kepada wartawan mengatakan, dirinya ke Jakarta langsung menghadap Menteri Kehutanan RI untuk meminta bantuan hujan buatan, dan ini sudah disetujui.

Disebutkan, ternyata Kementerian Kehutanan telah bersiap-siap untuk membantu Provinsi Jambi, terkait juga dengan rencana kunjungan Presiden SBY ke Jambi. Pesawat yang akan digunakan untuk membuat hujan buatan ada di Palembang.

Pada kesempatan ini Gubernur Jambi juga menyampaikan rasa syukur kepada Allah SWT, karena Kamis kemarin turun hujan di jambi walaupun hanay 20 menit. “Mudah-mudahan asap tidak ada lagi, dan rencana kunjungan Presiden dapat terlaksana dengan baik,”katanya.

Menurut HBA, kunjungan Presiden SBY ke Jambi, juga akan dilakukan reboisasi Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS), sehubungan dengan itu akan dilakukan telekonprens antara Presiden dengan Komandan Kodim/0817 Kerinci dan Muspida Kabupaten Kerinci bertempat di TNKS.

Hal itu merupakan realisasi kerjasama antara Kementerian Kehutanan, dalam hal ini Dinas Kehutanan Provinsi Jambi, dengan pihak Pangdam II/Sriwijaya dan Korem o42/Gapu Jambi, untuk itu Menteri Kehutanan akan segera mempersiapkan rencana acara tersebut.

Gubernur Jambi juga menghadap Menteri Kehutanan guna menanyakan tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) ) Provinsi Jambi, dan meminta untuk dipercepat prosesnya, karena rencananya ini akan dilaporkan Gubernur kepada Presiden pada kunjungan kerjanya di Jambi mendatang. ruk

Tidak ada komentar: