Rabu, 22 Juni 2011

Menggugah Masyarakat Batak di Jambi Peduli Korban Gempa Tarutung

Ketua PGIW Jambi, Pdt David F Sibuea MTh. Foto Rosenman Manihuruk.


Jambi, BATAKPOS


Pasca gempa berkekuatan 5,1 skala richter (SR) yang mengguncang wilayah Tarutung, Sumatera Utara meninggalkan korban harta benda. Ribuan rumah rusak dan warga trauma akibat gempa yang dirilis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika, terjadi Sabtu (18/6/2011), pukul 18.58 WIB. Posisi gempa berada di 1.78 LU dan 99.14 BT.

Masyarakat Batak dan organisasi komunitas masyarakat Batak di Kota Jambi hingga kini belum ada melakukan aksi solidaritas untuk korban gempa di Tarutung tersebut. Bahkan dua organisasi besar komunitas Batak yakni Lembaga Budaya Batak Jambi (LBBJ) dan Rembuk Batak Bersama (Remba) tidak ada aksi.

Kemudian lembaga keagamaan seperti PGI Wilayah Jambi juga belum ada melayangkan surat kepada gereja-gereja untuk melakukan persembahan untuk korban gempa Tarutung. Bahkan aksi mahasiswa asal Sumatera Utara (etnis Batak) kurang respon dengan korban gempa di tarutung tersebut.

Membandingkan korban letusan gunung Sinabung Agustus 2010 lalu, aksi solidaritas masyarakat Batak di Jambi berlangsung sangat respon. Aksi solidaritas dimulai oleh Gereja Batak Karo Protestan (GBKP) Jambi. Kemudian diikuti PGIW Jambi dan komunitas mahasiswa asal Sumatera Utara.

Ketua PGIW Jambi, Pdt David F Sibuea MTh yang juga Praeses Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Distrik XXV Jambi saat dikonfirmasi BATAKPOS, Selasa (21/6/11) mengatakan, aksi solidaritas dari PGIW Jambi belum ada.

“Mengingat kejadian itu belum masuk bencana nasional, maka PGIW Jambi belum membicarakan hal tersebut. Hal itu harus dibicarakan lebih dilu dalam kepengurusan PGIW Jambi,”katanya.

Namun menurut Pdt David F Sibuea MTh, HKBP se Distrik XXV Jambi tengah melaksanakan penggalangan bantuan berupa kolekte serta sumbangan sukarela dari jemaat HKBP se Distrik XXV Jambi.

Disebutkan, sumbangan tersebut akan dikumpulkan kemudian akan diberikan kepada korban gempa di Tarutung atas nama HKBP Distrik XXV Jambi.

Tarutung kali kedua terkena gempa. Gempa berkekuatan 5,2 Skala Richter (SR) juga mengguncang Kota Tarutung, Sumatera Utara Minggu (28/2/2010) malam. Pusat gempa berada di 2.07 LU - 98.91 BT di kedalaman 10 Km, tepatnya di 9 km Barat Laut Tarutung. ruk

Tidak ada komentar: