Selasa, 07 Juni 2011

Gubernur Jambi dan Bupati Tebo Minta Kandidat Kalah Berjiwa Besar

Pemilukada Ulang Kabupaten Tebo

Jambi, BATAKPOS

Gubernur Jambi H Hasan Basri Agus dan Bupati Tebo Madjid Mu'az meminta pasangan ketiga kandidat pada Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) ulang Kabupaten Tebo, Minggu (5/6/11) untuk menerima hasil Pemilukada tersebut dengan berjiwa besar.

Keduanya juga mengharapkan pemenang Pemilukada ini itu adalah pilihan masyarakat Tebo dan yang kalah harus legowo serta berbesar hati menerima kekalahan. Pemilukada ulang Tebo diharapkan jauh dari tindakan anarkis.

Gubernur Jambi H Hasan Basri Agus di Jambi, Minggu (5/6/11) mengatakan, seluruh tim sukses dari masing-masing pasangan diminta agar tetap menjaga ketertiban di Kabupaten Tebo. Kepada masing-masing kandidat juga diminta untuk tidak membuat peryataan provokatif terkait dengan hasil Pemilukada ulang tersebut.

HBA meminta kepada para calon kepala daerah Kabupaten Tebo, agar saling menerima keputusan dan tidak ada lagi yang menggugat ke Mahkamah Konstitusi (MK). "Jangan ada lagi gugatan Pilkada ke MK. Saya berharap semua calon bisa menerima apapun hasilnya nanti, sebab suara rakyat adalah suara Tuhan," kata Hasan Basri Agus di Jambi.

Bupati Tebo, Madjid Madjid mengatakan, dirinya sudah beberapakali kalah dan menang dalam berpolitik itu adalah hal yang biasa. Kalah dan menang dalam politik itu biasanya. “Kita harapkan ketiga pasangan memiliki prinsip seperti itu,”katanya.

Sementara itu calon Bupati nomor urut 1 Sukandar bersama istrinya, Minggu (5/6/11) pagi menggunakan hak suaranya di TPS 12 Kelurahan Tebing Tinggi, Kecamatan Tebo Tengah. Sementara calon wakil bupati dari nomor urut 3, Sri Sapto Eddy menggunakan hak suaranya di TPS 19 Kelurahan Tebing Tinggi, Kecamatan Tebo Tengah.

Calon Bupati nomor urut 2, Ridham Priskap menggunakan hak pilihnya di TPS 19, Kelurahan Tebing Tinggi. Sedangkan Calon Bupati nomor urut 3 Yophi Muthalib tidak memilih lantaran namanya tidak terdaftar dalam DPT Pilkada Tebo.

Sebanyak 207.598 mata pilih memilih Bupati dan Wakil Bupati untuk periode 2011-2016. Ketiga pasangan calon itu adalah, pasangan nomor urut 1 Sukandar-Hamdi, pasangan nomor urut 2 Ridham Priskap-Eko Putra dan pasangan nomor urut 3 Yophi Muthalib-Sri Sapto Eddy.

Pada pemilihan Bupati ulang ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tebo menyiapkan 668 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 12 kecamatan. KPU Provinsi Jambi juga memantau langsung pelaksanaan Pemilukada ulang Kabupaten Tebo.

Perhitungan di TPS

Sementara pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Tebo nomor urut 1, Sukandar-Hamdi masih terlalu tangguh bagi dua kandidat lainnya di TPS 12 di Kelurahan Tebing Tinggi, Tebo Tengah.

Pasangan yang diusung Partai Golkar, PKS, dan partai lainnya memperoleh 229 suara. Sedangkan Pasangan nomor urut 2, Ridham-Eko hanya memperoleh satu suara. Pasangan nomor urut 3, Yopi-Sapto hanya mendapat 48 suara. ruk

Tidak ada komentar: