Rabu, 27 April 2011

Gubernur Jambi Minta RT Peka Terhadap Isu Teroris dan Lingkungan

Jambi, BATAKPOS

Gubernur Jambi Drs H. Hasan Basri Agus meminta seluruh Rukun Tetangga (RT) peka terhadap isu terorisme yang kini tengah marak di Indonesia. Persoalan terorisme serta kebersihan lingkungan permukiman kerap menjadi masalah besar dalam menciptakan kenyamanan warga. Sehingga ketua-ketua RT diminta untuk mengenali warganya.

Kemudian ketua RT juga diharapkan sebagai ujung tombak dan motivator dalam menjaga ketentraman warga serta kebersihan lingkungan.

Hal itu dikatakan Hasan Basri Agus (HBA) saat menerima Pengurus Forum RT Kota Jambi di ruang kerjanya, Selasa (26/4) untuk melakukan dialog. HBA meminta agar ketua-ketua RT lebih aktif dalam pelestarian lingkungan.

“Banyak pesan-pesan yang saya sampaikan kepada forum RT ini, yang sasarannya kepada ketua-ketua RT. Sebab kita ketahui RT adalah termasuk jajaran organisasi kemasyarakatan yang terdepan betul-betul mengetahui kondisi masyarakatnya,”katanya.

Disebutkan, isu terorisme termasuk terror bom kini tengah melanda Pulau Jawa. Dirinya berharap isu terorisme dan terror bom tidak terjadi di Provinsi Jambi. Peran aktif ketua-ketua RT sangat diharapkan gunan mempersempit ruang gerak pelaku terorisme.

Disisi lain HBA menyatakan, terdapat 34.000 kepala keluarga masyarakat Provinsi Jambi yang masih hidup di bawah garis kemiskinan dan putus sekolah. Provinsi Jambi terus berupaya guna mengentaskan kemiskinan tersebut dengan salah satunya program satu Kecamatan Satu Miliar (Samisake).

Ketua RT, diminta juga untuk membuat peta rumah di lingkungan RTnya yang sangat berguna memberikan pertolongan bila terjadi bencana kebakaran atau lainnya dan juga untuk memudahkan dalam mengenali warganya.

Gubernur Jambi sangat mengharapkan forum RT yang telah dibentuk sewaktu HBA masih menjadi Sekda Kota Jambi ini bisa memfungsikan RT-RTnya yang dapat mendukung program Jambi EMAS sehingga menjadi kenyataan.

Ketua Forum RT Kota Jambi, Mardjani mengatakan, sejak didirikan beberapa tahun yang lalu, sewaktu HBA masih menjabat Sekda Kota Jambi, dalam perjalannya sempat terjadi kepakuman, namun saat ini keberadaan forum RT dicoba kembali untuk dihidupkan.

“Mengingat keberadaan forum ini sangat membantu kelancaran pemerintahan di tingkat RT, karena ketua RT merupakan ujung tombak aparat desa yang memang langsung bersentuhan dengan masyarakat di lingkungannya. Sebanyak 1460 RT di Kota Jambi mendukung penuh apa yang menjadi program Jambi EMAS, karena juga berkaitan dengan program Jambi Bernas Kota Jambi,”katanya. ruk

Tidak ada komentar: