Selasa, 22 Maret 2011

PMI Jambi Ragukan Stok Darah Bebas HIV

Jambi, BATAKPOS

Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Jambi masih meragukan stok donor darah belum bebas dari virus HIV. Hal itu menyusul tidak dilakukannya screening terhadap darah yang diberikan pada pendonor karena alat screening mahal.

Selama ini PMI Jambi untuk melakukan donor darah hanya perlu mengisi formulir data diri saja, dan nantinya dalam data tersebut wajib disebutkan jenis-jenis penyakit yang pernah diderita. Namun, pihaknya akan melakukan cek ulang pada darah yang didonorkan sebelum didistribusikan pada orang yang membutuhkan.

Kepala PMI Kota Jambi, H Hartman, Rabu (16/3) mengatakan, pihaknya cukup terganggu akibat sejumlah situs komunitas juga memberitakan kabar darah PMI terinfeksi virus mematikan tersebut. Milis dan website tersebut di antaranya www.detik.com, www.kaskus.us, milis balita-anda, dan sebagainya.

Menurut H Hartman, tidak pernah ada instruksi dari PMI pusat untuk melakukan screening pada darah dari pendonor. Selama ini kalau melakukan donor darah hanya perlu mengisi formulir data diri pendonor.

Disebutkan, darah pendonor harus bebas dari 4 penyakit menular, yaitu HIV, Hepatitis B, Hepatitis C, dan sivilis. Penyakit ini jika terdapat dalam daerah pendonor maka akan menular pada penerima transfusi darah tersebut. ruk

Tidak ada komentar: