Selasa, 01 Maret 2011

PU Menanti Kucuran Dana Perbaikan 13 Kilometer Jalan Nasional Lingkar Selatan Jambi

Jambi, BATAKPOS

Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Jambi hingga kini menanti bantuan atau kucuran dana dari Pemerintah Pusat guna memperbaiki sepanjang 13 kilometer (km) jalan Nasional di Lingkar Selatan Kota Jambi. Jalan rusak di jalan Lingkar Selatan Kota Jambi sepanjang 22,5 km.

Bank Dunia membantu perbaikan jalan lingkar selatan Kota Jambi. Dana bantuan itu sudah berkurang dari yang diperkirakan sebelumnya Rp 100 miliar akibat kerusakaan ruas jalan lingkar sebagian sudah ditangani dengan dana APBN di akhir 2010.

Demikian dikatakan Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Jambi, H. Asmarjani, Senin (28/2) kepada wartawan. Menurut dia, jalingsel juga mendapatkan dana aspirasi senilai Rp 36 miliar pada 2011 ini.

“Perbaikan jalinsel sudah ada diperbaiki pengusaha tambang batubara melalui Asosiasi Perusahaan Pertambangan Batubara dan Mineral Jambi (AP2BMJ). Kini hanya sepanjang 13 kilometer jalan rusak itu yang belum ada biayanya. Diharapkan dapat ditangani dengan dana bantuan Bank Dunia,” ujar Asmarjani.

Disebutkan, proses perbaikan jalan itu kini tengah dalam tahap pengajuan review design ke Bank Donor atas biaya pengerjaan jalan sepanjang 13 km tadi. Setelah disetujui, baru akan digarap proses pelelangannya.

Jalan Lingkar Selatan merupakan jalan nasional yang menghubungkan Simpang Rimbo, Kota Jambi dengan Pelabuhan Sungai Talang Duku, Kabupaten Muaro Jambi. Usia jalan sudah terlampauinya sejak 2007 lalu.

Pengguna jalan mendesak PU Provinsi Jambi agar segera memperbaiki jalan tersebut karena merupakan akses import eksport dari dank e Jambi melalui Pelabuhan Talang Duku Jambi. ruk

Tidak ada komentar: