Minggu, 26 Desember 2010

Jembatan Timbang Mulai Dioperasikan

Jambi, BATAKPOS

Uji coba penggunaan jembatang timbang milik Dinas Perhubungan Provinsi Jambi, di KM 8 lintas Tembesi, Batanghari, telah dilaksanakan. Jembatan timbang tersebut dalam waktu dekat sudah mulai dioperasikan.

Sistem digital yang dipasang berjalan dengan baik. Itu tampak saat dua truk batu bara dan satu truk bermuatan semen ditimbang, angka dilayar timbangan digital menunjukkan berat muatan yang sesuai dan seimbang.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jambi, Ir Bernhard Panjaitan MM di Jambi, Rabu (22/12) mengatakan, kegiatan tersebut merupakan uji coba alat timbangan, apakah berjalan dengan baik sesuai dengan fungsinya.

Dikatakan, rencananya jembatan timbang yang dibangun di areal seluas 1 hektar ini akan diresmikan oleh Gubernur Jambi Hasan Basri Agus pada Januari 2011 mendatang.
Jembatan Timbang

Enam jembatan timbang Jambi, empat di antaranya sudah selesai dibangun. Dua lagi akan dibangun pada 2011. Pembangunan jembatan itu nantinya akan difungsikan untuk mengurangi kerusakan jalan yang dipicu maraknya truk berukuran besar melebihi tonase yang tidak sesuai kapasitas jalan.

Menurut Benrhard Panjaitan, banyaknya truk berukuran besar mengangkut industri pertambangan batu bara dan minyak kelapa sawit/CPO serta barang kebutuhan masyarakat lainnya melebihi tonase memicu kerusakan jalan di Provinsi Jambi.

"Bebasnya kendaraan berukuran besar dan melebihi tonase yang tidak sesuai dengan kapasitas jalan menyebabkan sebagian besar jalan provinsi rusak, dan mengganggu kelancaran lalu lintas lainnya. Guna menekan kerusakan jalan itu, Dinas Perhubungan Provinsi akan mengaktifkan, dan membangun jembatan timbang yang ditempatkan di lokasi-lokasi strategis lintasan truk angkutan barang,”katanya.

Disebutkan, enam jembatan timbang itu nantinya semua menggunakan sistim komputer, yakni truk yang masuk timbangan akan terdeteksi kelebihan muatannya dan diminta menurunkan atau membongkar muatannya.

“Empat jembatan timbang itu pada 2010 sudah dioperasikan, yakni di Muarojambi Bungo, Sarolangun, Batanghari serta di Kabupaten Kerinci. Dua jembatan timbang baru yang akan dibangun pada 2011 yakni di Kabupaten Bungo yakni di jalur lintas Sumatera (Jalinsum) dan Kota Jembi, jalan menjelang pelabuhan Talang Duku,”katanya.

Disebutkan, keberadaan jembatan timbang itu nantinya akan mampu menjaring truk berukuran besar sekaligus mendeteksi kelebihan muatan yang langsung diberikan tindakan, apakah dibongkar muatannya atau disuruh kembali ke pangkalan. Petugas yang ditempatkan di jembatan timbang itu juga tidak bisa berbuat curang atau melakukan penyelewengan, karena akan terdata dan tercatat di computer. ruk

Tidak ada komentar: