Minggu, 26 Desember 2010

Harga Tiket Pesawat di Jambi Melonjak 100 Persen

Jelang Natal dan Tahun Baru

Jambi, BATAKPOS

Harga tiket pesawat dari Jambi tujuan Jakarta, Batam, Medan kini melonjak hingga 100 persen. Harga tiket Jambi tujuan Batam lewat maskapai Sriwijaya Air kini dipatok Rp 800 ribu. Bahkan untuk tanggal 27 Desember hingga 4 Januari 2010 sudah penuh dengan pesenan.

Sejumlah maskapai menaikan harga tiket pesawat. Kenaikan mencapai dari 70 persen hingga 100 persen. Global Tour and Travel, salah satu agen tiket pesawat di Jambi membenarkan kenaikan harga tiket ini. Menurut Ria, pegawai Global Tour and Travel, kenaikan ini dipicu musim liburan dan tahun baru.

Disebutkan, harga tiket pesawat Garuda Indonesia dengan tujuan Jambi - Jakarta biasanya bisa dibeli mulai dari harga Rp 600 ribu. Namun sekarang harganya mendekati harga Rp 2 juta.

Sementara untuk tiket maskapai lainnya, lanjut Ria, harga standarnya hanya Rp 200 – 300 ribu, namun saat ini harganya sudah mencapai Rp 800 ribu untuk Sriwijaya, Batavia dan Lion Air.

Hal senada juga diakui karyawan Travel Bintang Bali Jambi Travel, Santy. Menurutnya, musim liburan Natal dan Tahun Baru berdekatan. Hal ini yang menyebabkan harga tiket melambung.

Kemudian sejumlah maskapai mengurangi jadwal penerbangan dari Jambi. Seperti Sriwijaya Air saat ini dalam satu hari hanya satu kali terbang untuk ke Batam. Padahal jumlah penumpang tujuan tersebut terus meningkat.

Lisbet br Sinaga, warga Jelutung Kota Jambi mengatakan, dirinta terpaksa mudik Natal dan Tahun baru dengan jalur darat (Bus). Harga tiket pesawat Jambi-Medan transit Batam kini mencapai Rp 1.500.000. Padahal Agustus 2010 lalu hanya Rp 750 ribu.

“Harga tiket pesawat mahal sekali. Saya tidak mampu membelinya, padahal saya harus membawa dua anak yang masih kecil. Kami terpaksa beralih ke bus yang harga tiketnya lebih terjangkau. Harusnya harga tiket diatur, sehingga bias juga dinikmati seperti kita-kita ini. Masak naiknya hingga dua kali lipat,”ujarnya.

Harga Cabei Rp 70 Ribu

Sementara itu harga cabei merah kriting di pasar Jambi kini mencapai Rp 70.000 per kilogram. Harga tersebut sepekan terakhir tetap bertahan. Sementara harga cabei saat Puasa dan Lebaran harga paling tinggi hanya Rp 25.000 per kilogram.

Menurut Lastri, pedagang rempah dan sayuran di Pasar Hongkong, Jelutung Jambi, rabu (22/12) pagi menyebutkan, tingginya harga cabei tersebut akibat tidak panennya cabei di Pulau Jawa akibat Gunung Merapi meletus.

“Pasokan Cabei dari Padang, Lubuk Linggau ke Jambi berkurang karena di kirim ke Pulau Jawa (Yogyakarta). Tingginya permintaan dari Jawa, sehingga pasokan ke Jambi berkurang. Sehingga harga juga naik drastic. Cabei rawit Rp 50 ribu per kilogram,”katanya. ruk

1 komentar:

michele wijaya mengatakan...

Halo Bossku ^^
Segera Daftarkan ID di ibu21,com
Menyediakan 8 Permainan Hanya Dengan 1 ID
Serta Tersedia Promo Menarik
Bonus Turn Over Terbesar
Bonus Refferal Seumur Hidup
Minimal Deposit Hanya 25Rb
BBM : csibuqq
WA : +855 88 780 6060
Di Tunggu Kehadirannya Bossku ^^