Senin, 01 November 2010

Sektor Perkebunan Cukup Signifikan Sumbang Pendapatan Domestik

Jambi, BATAKPOS

Sub-sektor perkebunan merupakan sub-sektor yang memberikan kontribusi cukup besar Pendapatan Domestik Regional Bruto (PDRB) Provinsi Jambi. Komoditas perkebunan di Provinsi Jambi menjadi komoditas strategis dan memiliki peran penting dalam menggerakkan ekonomi di Provinsi Jambi.

Gubernur Jambi H. Hasan Basri Agus, Jumat (29/10) mengatakan, dirinya dihadapan pertemuan Asosiasi Pertani Perkebunan dan Dewan Komoditi Perkebuhnan Provinsi Jambi, telah berpesan agar sector perkebunan menjadi perhatian serius.

Menurut Hasan Basri Agus, terdapat tujuh komoditas unggulan yang perlu mendapat perhatian, masing-masing terdiri dari, karet, kelapa sawit, kelapa dalam, kopi, casseavera (kulitr manis) dan pinang.

Kemudian lima potensi lainnya, yakni lada, nilam, tebu dan tembakau. Dari 12 komoditas tersebut, telah memanfaatkan lahan seluas 1,3 juta hektar dan melibatkan 600 ribu kepala keluarga (KK) petani, dengan kontribusi pendapatan petani dan pelaku usaha lainnya sebesar Rp13,5 triliun setiap tahunnya.

“Komoditas perkebunan sebagai “hujan emas” bagi masyarakat Jambi. Namun demikian komoditas ini masih perlu dilakukan pembinaan, karena dirasakan kontribusinya belum memberikan tingkat kesejahteraan yang merata bagi para petani perkebunan di Provinsi Jambi,”katanya.

Disebutkan, posisi tawar petani Jambi saat ini masih lemah. Sebagai pelaku utama seharusnya petani memperoleh imbalan yang besar dalam proses produksi, namun hak-hak dasar tersebut selalu terabaikan.

“Karena itu, upaya untuk menggugah petani masih harus terus dilakukan. Diperlukan membangun kebersamaan, pemerataan, kerukunan, kesetaraan serta keadilan bagi petani, tegasnya,”katanya.

Gubernur meminta seperti Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (APKASINDO), Asosiasi Petani Karet Indonesia (APKARINDO), dan Asosiasi Petani Kelapa Indonesia (APKI) dan Dewan Rempah Indonesia Provinsi Jambi (DEKINDO) ikut berperan aktif dalam meningkatkan produktifitas.

Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jambi Ir. H. Tagor Mulia Nasution, MM mengatakan, tujuan pertemuan dengan sejumlah organisasi perkebunan guna memberikan pembekalan pada pengurus asosiasi.

Kemudian diskusi antar pengurus, penyusunan program kerja tahun 2011, dan menyususn/merumuskan perluang kerjasama kemitraan antara asosiasi petani, asosiasi pengusaha dan dewan komoditi, dan melantik pengurus Dewan Pengurus Provinsi (DPP)APKASINDO, APKARINDO, dan DEKINDO Provinsi Jambi. ruk

Tidak ada komentar: