Jumat, 22 Oktober 2010

Usman Ermulan Unggul di Basis Lawan, Safrial Keok di TPS Sendiri

Pemilukada Tanjabar

Jambi, BATAKPOS

Petugas Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) di Tempat Pemungutan Suara (TPS) mulai menghitung perolehan suara Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Bupati-Wakil Bupati di Tanjung Jabung Barat (Tanjabar) Kamis (21/10). Di TPS 09 Kelurahan Tungkal, Kecamatan Empat Kota, Kualatungkal, yang merupakan basis suara lawan, pasangan Usman-Katamso menang.

TPS 09 yang berdiri di SD 72 itu merupakan basis pasangan Safrial-Yamin. Usman-Katamso meraih 155 suara, sedang Safrial-Yamin mendapat 133 suara. Proses penghitungan suara sempat terhenti sejenak karena ada surat suara yang diragukan. Namun setelah ada kesepakatan dan sesuai aturan, maka ada tiga surat suara yang dinyatakan tidak sah.

Pasangan Usman Ermulan-Katamso juga unggul di TPS 10 Kelurahan Tungkal 3 yang merupakan tempat mencoblos Calon Wakil Bupati Tanjung Jabung Barat, HM Yamin.

Hasil penghitungan suara di TPS 10 itu, pasangan Usman-Katamso unggul dengan meraih 179 suara, sementara Safrial-Yamin hanya meraih 107 suara. Di TPS 01 Kelurahan Tungkal 4 tempat Safrial memilih, juga dimenangkan pasangan Usman-Katamso.

Kamis (21/10) sebanyak 195.480 warga di Tanjabbar yang memiliki hak pilih menentukan pemimpinnya selama lima tahun ke depan, 2010-2015. Dua pasangan bersaing yakni Safrial-Yamin (SbY) dan Usman Ermulan dan Katamso SA (Utama)

Pasangan SbY didukung oleh PDIP, Demokrat, Hanura, PPP, PPRN, PDI, PKPI, PDP, PIS, PKDI, PIB, PPPI, PPI, PBR, PDN dan PNI. Sedang Utama mendapa dukungan politik dari PAN, Golkar, PKB, PBB, PDK, PKPB, Gerindra, Barnas, PKNU, PDP, PMB, Patriot, Pelopor, Partai Buruh dan PKS.

Pemilih menyalurkan aspirasinya di 620 tempat pemungutan suara (TPS). Gubernur Jambi Hasan Basri Agus beserta Kapolda Jambi Brigjen Pol Bambang Suparsono, juga meninjau proses pencoblosan Pemilukada Bupati Tanjabar.

Dari TPS 9, Gubernur dan rombongan bergerak ke TPS 2 yang berada di Desa Serdang Jaya Kecamatan Betara, selanjutnya menuju TPS 09 di Parit 4 Kecamatan Bram Itam, kemudian menuju Desa Pembengis Kecamatan Bram Itam menunjau pelaksanaan pemungutan suara di TPS 02.

Sekitar pukul 13.15 Gubernur dan rombongan menuju TPS 10 yang berada hotel Hasrat, jalan Jendral Sudirman Srijaya dan TPS 26 dan berakhir di TPS 23, untuk melihat proses penghitungan suara, sebelum kembali ke Jambi.

Situasi keamanan di Tanjung Jabung Barat saat pencoblosan dan perhitungan suara tidak ada kejadian yang menonjuol. Semua situasi terkendali. Sementara perhitungan sementara di KPUD Tanjabar pasangan Usman Ermulan-Katamso unggul. ruk

Tidak ada komentar: