Senin, 18 Oktober 2010

Peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia Ke 3 di Jambi Berlangsung Sederhana

Jambi, BATAKPOS

Peringatan hari cuci tangan pakai sabun (CTPS) sedunia ke III tahun 2010 di Jambi diperingati secara sederhana, setelah pelaksanaan senam pagi hari Jum’at (15/10). Kegiatan berlangsung di lapangan depan Kantor Gubernur Jambi. Kegiatan dihadiri oleh para Kepala Dinas/Badan/Biro/Kantor dan karyawan/karyawati lingkup Pemerintah Provinsi Jambi.

Gubernur Jambi Drs. H. Hasan Basri Agus, MM, yang diwakili Asisten Bidang Kesejahteraan Sosial Setda Provinsi Jambi, Ir. Havis Husaini, M.Si, dalam sambutan tertulisnya menyampaikan, bahwa cuci tangan pakai sabun terbukti secara ilmiah efektif dapat mencegah terjadinya penyakit diare, infeksi (ISPA) yang telah menjadi penyebab kematian anak di Indonesia dan dunia.

Disamping itu menurut gubernur, pentingnya perilaku CTPS untuk mencegah penyebab penyakit-penyakit menular, seperti diare, ISPA, dan flu burung sudah dipahami masyarakat secara luas, meskipun prakteknya belum banyak diterapkan dalam kebiasaan sehari-hari. Perilaku CTPS terbukti cara yang efektif untuk upaya menjaga kesehatan yang preventif atau pencegahan penyakit dalam jangka pendek. Upaya preventif melalui CTPS dipandang paling strategis untuk mengurangi kerugian dampak sanitasi buruk, sementara solusi jangka menengah dan panjang terus dilakukan.

Untuk itu ujar gubernur, perilaku CTPS perlu digalakkan untuk menjadi gaya hidup sehari-hari masyarakat di pedesaan maupun perkotaan. Berdasarkan hasil riset kesehatan dasar (riskesda) tahun 2007, ditemukan 34 persen kejadian ISPA dan 16 persen kejadian diare yang terjadi pada anak-anak usia 1-4 tahun. Hal ini menunjukkan perlunya perhatian berkesinambungan terhadap upaya pencegahan penyebaran penyakit tersebut, terutama terhadap anak-anak, tegasnya.

Gubernur juga menyampaikan, bawah anak-anak selalu menjadi pihak yang paling rentan terhadap penyakit sebagai akibat perilaku yang tidak sehat dan sanitasi yang buruk. Padahal anak-anak merupakan asset bangsa yang paling berharga untuk generasi yang akand atang.

“Anak-anak juga merupakan penyampaian pesan yang penting di keluarga dan lingkungan tempat tinggalnya. Untuk itu serangkaian pelaksanaan hari cuci tangan pakai sabun sedunia yang ke tiga pada tanggal 15 Oktober 2010, juga lebih efektif dilaksanakan di sekolah-sekolah. Disamping itu untuk peringatan hari CTPS ke tiga tahun 2010 ini gubernur berharap keterlibatan dari semua elemen terkait, baik pemerintah, swasta, maupun pemangku kepentingan,”katanya. ruk

Tidak ada komentar: