Senin, 20 September 2010

2015 Provinsi jambi Swasembada Listrik

Jambi, BATAKPOS

Gubernur Jambi H. Hasan Basri Agus menyakini lima tahun kedepan atau pada tahun 2015, Provinsi Jambi bisa swasemda listrik. Jambi yang memiliki demikian banyak sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan sebagai pembangkit tenaga listrik.

Tersedianya tenaga air yang demikian banyak, batu bara, gas dan Geothermal (energy panas bumi, hanya saja kesemuanya belum termanfaatkan secara maksimal. Prospek sumber daya alam di Provinsi Jambi cukup menjanjikan dijadikan sumber energi listrik di Sumatera.

Hal itu dikatakan Hasan Basri Agus di Jambi, Kamis (16/9) menyusul kunjungannya ke Direktur Utama Perusahaan Listrik Negara (PLN) belum lama ini. Pihaknya telah menemui Dirut PLN guna membahas pelaksanaan pembangunan pembangkit tenaga listrik di Jambi.

Seperti pembangkit listrik tenaga air (PLTA) Kerinci, kemudian Pembangit Listrik Tenaga Uap (PLTU) yang direncanakan akan dibangun di Kabupaten Bungo dengan kapasitas 2 X 150 MW, kemudian kembali akan dibangun di Kabupaten Sarolangun dengan kapasitas 2 X 7 MW, dan diharapkan ini juga dapat dibangun di Kabupaten Tanjung Jabung Barat dan Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Dikatakan, Ahmad Kala, Direktur Utama PT. BUKAKA TEKNIK UTAMA, telah siap melaksanakan pembangunan PLTA berkapasitas 2 x 90 MW, yang terletak di Kecamatan Batang Merangin, Kabupaten Kerinci yang telah diperjuangkan sebelumnya oleh Mantan Gubernur Jambi H. Zulkifli Nurdin. ruk

Tidak ada komentar: