Selasa, 24 Agustus 2010

Olahraga Berburu Babi Hutan Mulai Digemari di Jambi

Jambi, BATAKPOS

Olahraga Berburu Babi Hutan mulai digemari di Jambi. Bahkan kini sudah ada organisasi Persatuan Olahraga Berburu Babi Indonesia (PORBBI) Jambi. PORBBI ini juga diharapkan membantu masyarakat mengatasi hama babi di Provinsi Jambi.

Gubernur Jambi, Drs. H. Hasan Basri Agus, MM, melepas peserta Bhakti Sosial berburu babi se-Sumatra tahun 2010, Minggu (8/8), bertempat di lapangan bola kaki Sebapo, Desa Sebapo Kecamatan Mestong Kabupaten Muaro Jambi.

Menurut Hasan Basri Agus, upaya membantu masyarakat petani di Provinsi Jambi untuk mengembangkan sektor pertanian dan perkebunan, dirinya mengharapkan PORBBI Jambi meningkatkan perannya, agar bisa membantu masyarakat mengatasi hama babi di Provinsi Jambi.

“Pengalamannya selama ini saat menjadi Bupati Sarolangun, setiap berkunjung ke desa-desa dan bertemu dengan petani dan kelompok tani, pada umumnya yang dikeluhkan adanya gangguan hama babi. Program dari pemerintah untuk menanam berbagai jenis tanaman pertanian dan perkebunan biasanya yang dikeluhkan masyarakat juga banyaknya hama babi,”katanya.

Dikatakan, pada masa lalu hal ini tidak terjadi, karena adanya keseimbangan dari berbagai jenis satwa yang hidup diwilayah hutan Provinsi Jambi, sehingga antara satu jenis hewan dengan hewan pemangsanya perkembanagannya seimbang.

“Salah satunya adalah babi ini yang biasanya menjadi mangsa dari harimau, tetapi saat ini harimau di Jambi sudah semakin langka. Sementatra hama babi yang dalam perkembangannya sangat pesat, dimana setiap kali melahirkan bisa mencapai 10-12 ekor, sehingga sangat meresahkan masyarakat, khususnya masyarakat petani,”katanya.

Ketua PORBBI Jambi yang juga ketua penyelenggara, Peri Marjoni mengatakan, diselenggarakan dalam rangka syukuran PORBBI Provinsi Jambi atas kemenangan pasangan Drs. H. Hasan Basri Agus – H. Fachrori Umar, SH, M. Hum (HBA-FU) dalam pemilukada yang lalu dan telah dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Guberur Jambi priode 2010-2015 oleh Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi atas nama Presiden RI, tanggal 3 Agustus 2010 yang lalu, sekaligus dalam rangka menyambut bulan suci Romadhan tahun 1431 H/2010 M.

Hadir pada kesempatan ini sesepuh Provinsi Jambi Drs. H. Hasip Kalimuddin Syam, Mantan Komandan Korem 042/Gapu Jambi H. Sutrisno, Ketua dan pengurus PORBBI Provinsi Jambi, Camat Mestong beserta Muspika Kecamatan Mestong dan undangan lainnya. ruk

Tidak ada komentar: