Sabtu, 29 Mei 2010

35 Persen Desa di Provinsi Jambi Masih Gelap Gulita

Jambi, BATAKPOS

Sebanyak 35 persen desa di Provinsi Jambi hingga kini masih mengalami gelap gulita pada malam hari karena belum teraliri listrik. Pemerintah Pusat diminta untuk bisa memberikan fasilitas jaringan listrik tersebut. Ini merupakan tugas pemerintah pusat dan daerah untuk mengalirkan listrik ke desa-desa itu.

Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (SDM) Provinsi Jambi, Ir Irmansyah Rahman, kepada wartawan di Jambi, Jumat (28/5) mengatakan, memang masih banyak desa yang belum teraliri listrik di Provinsi Jambi.

”Ini merupakan tugas pemerintah sesuai dengan PP No 3 Tahun 2005. Seperti diketahui, jumlah desa di Provinsi Jambi mencapai 1172 desa atau lebih. Oleh karena itu, kita terus melobi pemerintah pusat agar menggelontorkan dana ke Provinsi Jambi untuk pembangunan listrik,”ujarnya.

Disebutkan, bagi desa yang mempunyai sumber daya air, akan dibangun pembangkit listrik tenaga hidro mikro. Sedang bagi yang tak punya sumber daya air, akan dibangun listrik tenaga surya.

''Tahun 2009 ada sebanyak 2010 unit listrik tenaga surya yang dibangun di desa-desa terpencil yang dananya dari APBN. Sedangkan untuk Pembangkit Tenaga Hidro Mikro sendiri dibangun di Merangin dengan dana dari APBD,''katanya.

Menurut Ir Irmansyah Rahman, sejak tahun 2007, terus dibangun pembangkit listrik ini di desa-desa terpencil. Jumlahnyapun terus meningkat dari tahun ke tahun. Direncanakan pada tahun 2011 nanti, juga akan dibangun beberapa pembangkit listrik.

”Hal itu sesuai dengan pidato Direktur PLN yang baru Juni mendatang, tidak ada lagi pemadaman listrik. Kita berharap Direktur PLN mampu mengalokasikan dana APBN untuk pembangunan jaringan listrik di desa terpencil se Provinsi Jambi,”katanya. ruk

Tidak ada komentar: